JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

140 PKL Malioboro Yogyakarta Ragu Vaksinasi Covid-19, Ini Kata  Satgas

Vaksinasi Covid-19. Foto: YouTube/Sekretaris Presiden
PPDB
PPDB
PPDB

 YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Sebanyak 2.800 Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Malioboro Yogyakarta bakal menjalani vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi terhadap para PKL tersebut bakal dimulai Senin (29/2/2021) hingga Sabtu (6/3/2021).

Ketua Komunitas Malioboro, Slamet Santoso menuturkan ribuan PKL tersebut  terhimpun dalam 14 komunitas yang akan menjalani vaksinasi.

Dari jumlah itu, menurut dia, sekitar 5 persen atau 140 pedagang masih ragu apakah akan mengikuti vaksinasi massal tersebut atau tidak. “Mereka ragu karena khawatir atau takut,” ujar Slamet kepada Tempo, Minggu (28/2/ 2021).

“Belum tahu apakah mereka akan divaksin atau tidak, yang jelas semua pengurus ikut (vaksinasi Covid-19).”

Pemerintah daerah dan komunitas pedagang, Slamet melanjutkan, sudah melakukan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19 dan

Usai Dilantik, Gibran Kebut Vaksinasi Covid-19
mengimbau semua PKL Malioboro mengikutinya. Vaksinasi massal di Malioboro itu terpusat di tiga titik, yakni Tempat Khusus Parkir Abu Bakar Ali, Beteng Vredeburg, dan Pasar Beringharjo.

Baca Juga :  Dilaporkan oleh Saksi Kasus Bansos, Pendamping Penyidik KPK Bantah Ada Intimidasi, Ada Buktinya

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan hingga kini tidak ada laporan penolakan vaksinasi Covid-19 di Malioboro Justru para PKL dan pedagang pasar, menurut dia, antusias mengikuti vaksinasi. “Semua bergiliran sesuai tahapan. Sabar,” kata Heroe.

Selama proses vaksinasi Covid-19 berjalan, Heroe yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, memastikan sepanjang Jalan Malioboro dana Pasar Beringharjo tetap buka seperti biasa.

Proses vaksinasi berlangsung secara bertahap melalui undangan sesuai jam dan tempat. Dengan begitu, tidak memicu kerumunan. “Usahakan datang seperempat jam sebelum jam undangan masing-masing supaya tertib rapi dan tidak berkerumun,” kata Heroe.

Senada dengan Heroe Poerwadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma RahmI Aryani mengatakan belum mendapat laporan penolakan PKL Malioboro atas vaksinasi.

Sanksi pertama, dilarang berjualan lagi di kawasan itu. Jika berkukuh tetap ingin berdagang di sana, maka sanksi kedua adalah harus bersedia melakukan swab antigen setiap tiga hari sekali. ”
“Soal vaksinasi, jangan melihat sanksinya, melainkan bagaimana pemerintah mencoba melindungi masyarakat agar kondisi perekonomian pulih,” kata Heroe Poerwadi.

Baca Juga :  Kunjungi Madura, Panglima TNI dan Kapolri Mendadak Minta Bantuan Kyai Terkait Kasus Covid-19. Ada Apa?

Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Suharja mengatakan saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal, museum tutup sementara. “Kurang lebih setiap hari ada 3.200 pedagang pasar, pegawai toko, dan petugaas hotel yang divaksin di kawasan Museum Vredeburg,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo bakal memantau langsung vaksinasi massal di Malioboro besok. Presiden Jokowi sudah tiba di Yogyakarta pada Minggu (28/2/2021).
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto, Kabupaten Sleman.

Presiden Jokowi beserta rombongan langsung menuju Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, untuk bermalam dan melanjutkan kegiatan esok hari. Selain meninjau vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang Malioboro, presiden RI ketujuh ini jugaa bakal meresmikan beroperasinya kereta rel listrik atau KRL Yogyakarta – Solo.

www.tempo.co