JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Bakal Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19, Sebagian Sudah Lanjut Usia

Sejumlah abdi dalem Keraton Yogyakarta beraktivitas dengan mengenakan masker. Foto: Tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Kota Yogyakarta terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19. Kabar terbaru, Pemkot tengah mendata para abdi dalem Keraton Yogyakarta yang akan masuk prioritas untuk menjadi sasaran vaksinasi.

“Untuk kalangan abdi dalem itu kami saat ini masih mendatanya,” ujar Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, pada Jumat (5/3/2021).

Sebelumnya, kalangan abdi dalem Keraton Yogyakarta menanti jadwal vaksinasi untuk mereka. Sebagian dari abdi dalem itu merupakan kelompok lanjut usia.

Pemerintah Kota Yogyakarta saat ini masih melangsungkan vaksinasi massal dengan sasaran 19.000 orang pelaku ekonomi dan wisata di sepanjang Jalan Malioboro. Vaksinasi massal ini telah berlangsung sejak 1 Maret 2021 lalu.

Baca Juga :  Warga Bantul, Gunungkidul dan Sleman Kolaborasi Nyolong 8 Kambing Kurban, Akhirnya Meringkuk di Sel

Haryadi menuturkan, pemerintah kota juga akan turut memprioritaskan para abdi dalem Keraton Yogyakarta dalam vaksinasi tahap kedua ini, terlebih sebagian di antara mereka juga merupakan abdi dalem bidang layanan wisata.

“Jadi dari Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) telah kami minta mengatur, mendata vaksinasi abdi dalem itu,” ujarnya Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menuturkan untuk kalangan abdi dalem, pendataan langsung dilakukan di bawah koordinasi unit pelaksana teknis (UPT) Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta.

Baca Juga :  Terjun ke Sungai Opak, Pemuda Panggang, Gunungkidul ini Menemui Ajal

“Untuk saat ini (vaksinasi massal) memang abdi dalem belum masuk, karena nanti pendataan mereka dilakukan melalui UPT Kawasan Cagar Budaya lalu kami daftarkan ke Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kementerian Kesehatan,” kata Emma.

Dari sasaran vaksinasi massal 19.000 pelaku ekonomi dan wisata sepanjang Jalan Malioboro, Pemerintah Kota Yogyakarta terus melakukan pemantauan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua