JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Aktivis Demokrasi Jateng-DIY Deklarasikan Aliansi Rakyat Bergerak. Ini Tuntutan Mereka kepada Pemerintah

Deklarasi Aliansi Rakyat Bergerak di Solo, Kamis (19/3/2021). Foto: Dok

 

SOLO – Sejumlah aktivis gerakan demokrasi dari Jawa Tengah dan dan  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendeklarasikan gerakan aliansi baru bernama Aliansi Rakyat Bergerak, Kamis (18/03/2021) sore.

Deklarasi ini digelar di Gedung Umat Islam Solo di kawasan Kartopuran, Jayengan, Kota Solo, Jateng. Mereka yang hadir dalam acara ini selain dari kawasan Surakarta (Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten  Klaten, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali dan Karanganyar) juga dari Kabupaten Semarang, Kota Semarang, dan DIY.

Baca Juga :  Survei Indikator Tempatkan Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies

Termasuk dalam rombongan sekitar 30  orang aktivis yang hadir dalam deklarasi adalah Mudrick Setyawan Malkan Sangidu,  yang tak lain Ketua Dewan Pembina Mega Bintang Solo.

Setelah melakukan deklarasi, Aliansi Rakyat Bergerak langsung merilis tiga poin tuntutan terhadap pemerintah tentang penegakan demokrasi, penegakan keadilan, dan pemberantasan korupsi sampai seakar-akarnya. “Tegakkan demokrasi, kedaulatan adalah di tangan rakyat,” kata Mudrick yang ditemui seusai acara deklarasi.

Baca Juga :  PPKM Level 3 Serempak Batal saat Nataru, Syarat Perjalanan Diperketat, Kerumunan Maksimal 50 Orang, Berikut Peraturan Lainnya

Dia mengingatkan, jangan ada upaya dari pihak mana pun untuk membungkam suara rakyat, baik yang di parlemen maupun di luar parlemen.

“Rakyat berhak menyuarakan pendapat dan berorganisasi yang dilindungi oleh negara, dan pengebirian suara rakyat adalah pengkhianatan terhadap demokrasi,” kata Mudrick.

Dia mengatakan, kebebasan rakyat untuk berkumpul, berserikat, dan menyampaikan pendapat merupakan amanat konstitusi sekaligus merupakan hakikat demokrasi.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua