JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Empat Mahasiswa UNS Selesaikan Magang Penyuntingan di Joglosemarnews.com

Pemimpin Umum Joglosemarnews, A Syahirul (kanan) menyerahkan sertifikat kepada perwakilan mahasiswa magang Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UNS Surakarta / Foto: Suhamdani
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak empat orang mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menyelesaikan proses magang penyuntingan di JOGLOSEMARNEWS.COM .

Keempat mahasiswa tersebut adalah Adinda Fajar Hermawati, Fadhiya Inasarisa, Maulana Danar Maaliki dan Ryan Anggara.

Dra Ani Rakhmawati MA, PhD selaku dosen pembimbing, dalam suratnya menjelaskan keempatnya adalah mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Dalam proses pemagangan yang berlangsung satu bulan, dari Januari hingga Februari tersebut, para mahasiswa melakukan proses editing berita dari para wartawan maupun menyunting rilis-rilis berita yang dikirim oleh pihak luar.

Hasil karya penyuntingan dari para mahasiswa tersebut dikirimkan lewat grup, untuk kemudian dibahas satu per satu oleh pembimbing magang, Suhamdani.

“Karena masih pandemi, pertemuan hanya berlangsung dua kali saja. Selebihnya menggunakan grup whatshapp sebagai media untuk mendiskusikan, membedah dan membahas hasil karya mereka,” jelas Suhamdani.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Salah satu mahasiswa magang, Ryan Anggara mengaku banyak belajar saat proses magang penyuntingan.

Selama proses magang, Ryan mengaku baru tahu bahwa menyunting tulisan untuk konsumsi media massa, berbeda dengan menyunting tulisan untuk buku.

“Magang di sini cukup  menyenangkan dan profesional. Saya sangat terbantu dan menjadi tahu bagaimana sistem kerja yang baik. Di samping itu khasanah ilmu saya dalam hal penyuntingan makin bertambah,” ujarnya.

Mahasiswa lainnya, Adinda Fajar Hermawati mengaku terkesan saat magang di Joglosemarnews. Ia jadi tahu bahwa media massa, apalagi media massa online mengedepankan informasi yang up to date.

“Dan ternyata jam kerja di media massa ini sangat fleksibel karena kita tidak bisa memprediksi kapan suatu peristiwa akan terjadi,” ujarnya.

Adinda berpesan, meski magang telah berakhir, namun tali silaturahmi tidak terputus.

Empat mahasiswa magang Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UNS Surakarta masing-masing menunjukkan  sertifikat magang di Joglosemarnews / dok Pribadi

Pengalaman luar biasa juga dirasakan oleh Maulana Danar Maaliki. Dalam proses penyuntingann dan pembahasan hasil karya, dia mengaku menjadi tahu penyuntingan yang benar dalam dunia jurnalistik.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

“Selama proses magang ini, saya banyak belajar bagaimana memilih judul berita yang menarik atau mengambil angle menarik dari sebuah berita,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Fadhiya, yang mengaku mendapatkan manfaat dengan proses magang tersebut.

Ia mengatakan, mendapat pengalaman baru dalam hal teknik pembuatan judul yang menarik dan tepat, pemilihan diksi yang sesuai, menentukan angle berita dan mengolah isi berita agar memiliki kohesi dan koherensi di dalamnya.

“Selama magang, saya harus bisa menyesuaikan waktu untuk menyunting naskah berita setiap kali mendapatkan tugas karena bersifat fleksibel. Jadi tidak bisa dipastikan jam berapa mendapatkan naskah suntingan,” ujarnya.

Di akhir pemagangan, para mahasiswa selain mendapatkan nilai dari pembimbing magang, juga mendapatkan sertifikat.  (*)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com