JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kreatif di Masa Pandemi, Puluhan Perajin Tas Anyaman di Desa Sepat Sragen Ciptakan Tas Bertuliskan Kampanye Prokes. Jangan Kaget, Ternyata Banyak Diminati Warga Negara Malaysia, Jepang hingga Korea!

Kades Sepat, Mulyono (kanan) bersama perajin tas anyaman bertuliskan kata-kata kampanye prokes yang laris manis hingga mancanegara. Foto/Wardoyo
   
Kades Sepat, Mulyono (kanan) bersama perajin tas anyaman bertuliskan kata-kata kampanye prokes yang laris manis hingga mancanegara. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir setahun terakhir memang telah menghadirkan keterpurukan di berbagai sendi kehidupan.

Namun jika dicermati, situasi sulit saat pandemi ini ternyata juga melahirkan kreativitas dan inovasi yang mendatangkan rupiah.

Seperti yang dilakukan oleh puluhan perajin di Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen ini. Para perajin tas anyaman di desa itu memanfaatkan masa pandemi untuk membuat kerajinan tas dengan model tulisan kampanye protokol kesehatan.

Berbagai produk kerajinan tangan asal Desa Sepat tersebut diantaranya, tas anyaman plastik dari Dukuh Pucuk dan keset anyaman kain dari Dukuh Wonorejo. Tak tanggung-tanggung, kedua produk itupun berhasil menembus pasaran pelosok negeri maupun luar negeri.

Kepala Desa Sepat, Mulyono mengaku Pemdes Sepat sengaja mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengkampanyekan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan guna membangun kesadaran warga terkait pentingnya menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penularan covid-19.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

“Ada dua UMKM dari Desa Sepat Kecamatan Masaran yang berpartisipasi untuk sosialisasi pencegahan covid-19 melalui tulisan point protokol kesehatan yang ada pada tas anyaman atau keset,” papar Mulyono kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (10/3/2021).

Kades menguraikan melihat potensi itu, Pemdes lemudian mengajak pengrajin untuk turut mengkampanyekan protokol kesehatan covid-19 dengan 5 M melalui produk kerajinan mereka.

Program 5M tersebut meliputi, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Memakai masker, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas keluar rumah.

“Kelima pesan ini kemudian diaplikasikan di produk tas anyam dan keset produksi. Tujuannya agar ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah desa dalam pencegahan penularan covid-19,” lanjutnya.

Proses pembuatannya pun mereka tak mengabaikan protokol kesehatan saat pandemi covid-19 mulai dari memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak aman.

Sementara, Salah Satu Pengrajin Tas Anyaman, Yenni Eka Yulianti mengaku dengan ide kreatif memberikan pesan protokol kesehatan pada tas anyaman buatannya, membuat permintaan pesanan tas meningkat hingga 80 persen.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

“Alhamdulillah, antusias masyarakat cukup tinggi. Jadikan pas pakai tas ini, masyarakat bisa baca tulisan ini dan langsung bisa diterapkan,” ungkap Yenni.

Untuk model tasnya, Yenni mengatakan dirinya selalu uptodate mengikuti perkembangan.

Tidak heran jika setiap bulan dirinya bersama 30 orang pengrajin lainnya mampu menjual tas anyaman itu hingga ke sejumlah wilayah di tanah air bahkan ke luar negeri.

“Setiap bulan selama pandemi ini, kami memproduksi hingga 500 an tas anyaman bertuliskan pesan prokes. Kami kirim ke wilayah Indonesia paling jauh Kupang, Aceh, hingga ekspor ke luar negeri seperti Korea Selatan, Jepang dan Malaysia,” kata Yenni.

Untuk range harga tas anyaman plastik (bertuliskan pesan protokol kesehatan), mulai dari Rp. 50.000 per tas hingga Rp. 150.000,- per tas.

Untuk pemesanan dapat langsung menghubungi nomor Yenni Eka Yulianti melalui nomor Whatsapp (WA) 0822-4214-7164. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com