JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pandemi Tak Kunjung Usai, Pemkot Yogya Pangkas Target Kunjungan Wisata 2021 Menjadi 1,1 Juta Saja

ilustrasi Malioboro / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta  terpaksa memangkas target kunjungan wisatawan untuk tahun 2021.

Jika tahun sebelumnya bisa menyentuh 1.384.781 orang, maka tahun 2021 ini, kunjungan wisatawan ke Yogya hanya ditarget 1,1 juta kunjungan saja.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati.

Andrini mengatakan, target tersebut memang  lebih kecil kalau dibandingkan angka kunjungan wisata sepanjang 2020 kemarin, yang menyentuh 1.384.781 orang.

Dia mengatakan, tidak kunjung berakhirnya pandemi Covid-19 (yang sudah berlangsung selama satu tahun penuh), membuat instansinya harus realistis.

Terlebih, sejak 2019, angka wisatawan berangsur menurun, seiring situasi pagebluk tersebut.

Benar saja, pada 2019 lalu, angka kunjungan wisata Kota Yogyakarta sempat meningkat cukup signifikan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Lebaran Sudah Lewat, Tapi Masih Ada Perusahaan di DIY Belum Bayar THR

Yakni, mencapai 4.378.909 orang. Dari jumlah tersebut 3.879.743 di antaranya adalah pelancong lokal. Kemudian, 498.867 turis dari mancanegara.

Jumlah itu, melebihi capaian pada 2018 lalu, di mana kota pelajar didatangi 4.103.240 orang, dengan rincian 3.606.947 wisatawan nusantara dan 496.293 pelancong dari luar negeri.

Sayangnya, memasuki 2020, tahun dimana pandemi tiba, kunjungan turis merosot hingga 1.384.781.

Oleh sebab itu, Andrini pun memprediksi, turis domestik masih akan mendominasi angka kunjungan wisatawan Kota Yogyakarta.

Bahkan, ia tidak menampik, ada kemungkinan jumlah wisatawan mancanegara mengalami penurunan drastis lantaran pembatasan akses masuk.

“Ya, karena tahun ini masih pandemi, jadi akan lebih banyak wisatawan domestiknya. Apalagi, Indonesia belum membuka penerbangan dari mancanegara,” ujarnya, saat dikonfirmasi Selasa (23/3/2021).

Baca Juga :  Polisi Amankan 2 Pelaku Penganiayaan dan Perusakan Mobil Takbir Keliling di Yogya

Sementara beberapa destinasi yang bakal jadi favorit para turis, meliputi Gembira Loka Zoo, Keraton Yogya, Malioboro, hingga Taman Pintar.

Andrini menuturkan, berbagai upaya kini tengah dilakukan oleh pihaknya, agar target 1,1 juta wisatawan pada 2021 ini mampu terealisasi.

Satu di antaranya lewat event Jogjavaganza, yang rutin digelar setiap tahun, sebagai ajang promosi dengan melibatkan para pelaku pariwisata Kota Yogyakarta.

Tahun ini, kegiatan itu, mendapat dukungan penuh dari BP2KY, ASITA, PHRI, HPI, Paguyuban Dimas Diajeng, dan Sales Britis.

“Diharapkan event ini makin semarak dan meriah, sehingga pelaku usaha pariwisata dapat melakukan kegiatan bussines to bussines, dengan buyer yang diundang dari Pulau Jawa, maupun luar Jawa,” pungkas Andrini.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com