JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

GeNose Segera Digunakan di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri, Mau Tes Penumpang Tidak Dipungut Biaya Alias Gratis

Alat deteksi COVID-19 GeNose yang akan dioperasikan di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengendalian penyebaran virus Corona juga menjadi perhatian serius Terminal Tipe A Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri. Hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan alat pendeteksi COVID-19 di terminal tersebut.

Alat untuk mendeteksi COVID-19 bagi penumpang bus itu adalah GeNose. Alat pendeteksi berdasarkan embusan nafas itu merupakan program dari Kementerian Perhubungan. Alat itu bakal segera difungsikan di Terminal Krisak.

Menurut Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, GeNose terminal merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan. Deteksi itu nantinya dilakukan secara gratis bagi para penumpang.

Baca Juga :  Penampakan Jalanan di Wonogiri Saat Larangan Mudik Lebaran 2021 Cenderung Lengang, Begini Kebijakan Pemkab

“Ada sekitar 300 kantong yang diterima. Nanti dalam satu hari diperuntukkan untuk mendeteksi sekitar 10 penumpang secara acak. Kalau semua penumpang jelas belum mampu. Karena jumlah penumpang keberangkatan di terminal ini rata-rata 1.500 orang per hari,” kata dia, Senin (12/4/2021).

Soal waktu pengoperasian GeNose, dia memastikan segera setelah semua peralatan sudah siap. Saat ini baru alat GeNose yang datang. Untuk laptop dan lainnya masih menunggu. Sejumlah petugas Terminal Giri Adipura juga tengah mengikuti pelatihan penggunaan GeNose.

Baca Juga :  Dari Sidak Prokes di Pasar Sidoharjo Wonogiri, 27 Orang Jalani Rapid Tes Antigen 1 Dinyatakan Reaktif

Ketika peralatan sudah lengkap, kata dia, akan dilakukan uji coba. Saat pelaksanaan akan melibatkan atau didampingi tenaga kesehatan dan petugas RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri (RSUD SMS). Seandainya ada penumpang bus yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan tes GeNose, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma, menyambut baik adanya alat GeNose yang akan digunakan untuk mendeteksi Covid-19 bagi penumpang bus di terminal. Mengenai tenaga kesehatan yang dibutuhkan akan dikoordinasikan dengan pihak terkait dan menunggu instruksi pimpinan. Aris