JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gibran Tak Larang ASN Solo Mudik, Tapi Hanya Mudik Lokal di Soloraya

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Pengusaha Indonesia di bidang ekonomi kreatif, Wishnutama Kusubandio saat berada di Lokananta, Kamis (4/3/2021). Foto: Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mempeebolehkan aparatur sipil negara (ASN) Solo mudik pada momen lebaran 2021 ini. Namun mudik bagi ASN hanya diperbolehkan selama di kawasan Soloraya.

Gibran menekankan bahwa Pemkot Solo tidak akan membatasi aktivitas warga termasuk aktivitas selama Ramadan 2021. Diantaranya terkait dengan kebijakan mudik.

“ASN kan cutinya hanya dua hari. Mau mudik kemana? Ya kalau mudik lokal (Soloraya) saja boleh. Saya tidak membatasi aktivitas warga. Tapi kalau mau keluar masuk ke lain daerah ya harus dengan surat izin,” ujarnya, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga :  Ambyar, Begini Detik-detik Ribuan Pemudik Pakai Motor Berontak dan Jebol Penyekatan Jalur. Polisi Tak Berdaya Bendung Lautan Pemudik, Warganet Malah Beri Semangat

Gibran berharap, aktivitas mudik tidak akan menghancurkan usaha penekanan penyebaran covid-19 yang sudah terkendali saat ini.

“Jangan sampai karena mudik ini usaha kita selama satu tahun pandemi rusak. Maka saya harap semua lebih bersabar. Kalau seperti ini terus berjalan baik, nanti Juli ekonomi kita mulai bangkit,” imbuhnya.

Baca Juga :  Perlahan Namun Pasti, Kasus Covid-19 Solo Kembali Merangkak Naik

Untuk itu, lanjut Gibran, larangan mudik berlaku bagi ASN. Sedangkan untuk warga umum lainnya, mudik tetap tidak disarankan.

“Saya yakin masyarakat sudah paham Dan tidak akan mudik untuk sementara waktu ini,” pungkasnya. Prihatsari