JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Hujan Deras, Longsor Landa Desa  Ngargoyoso dan Karangbangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar. Satu Rumah Tertimpa Talud Setinggi 30 Meter

Foto: Beni Indra

IMG 20210414 WA0124
Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Bagian dapur rumah milik Sastro Jum (65) warga Dusun Gudang RT 02/04 Desa Karangbangun, Matesih, Karanganyar tertimpa talud setinggi 30 meter akibat hujan deras, Rabu (14/4/2021). Tak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM menyebutkan hujan deras yang terjadi Rabu (14/4/2021) atau bersamaan baru puasa kedua bulan Romadlon terjadi hujan deras hampir satu jam merata di Kabupaten Karanganyar. Akibatnya terjadi longsor di berbagai titik termasuk di Desa Karangbangun, Matesih.

Tepat sekitar pukul 18.30 talud jalan desa Karangbangun longsor kebawah menimpa bagian dapur rumah Sastro Jum (65). Akibatnya rumah bagian dapur rusak rata dengan tanah. Beruntung pada saat kejadian Sastro Jum sedang berada di ruang depan sehingga selamat.

Baca Juga :  Pastikan Warganya Aman, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto Terjun ke TKP Pantau Proses Evakuasi Korban Keracunan Takjil
IMG 20210414 WA0123
Foto: Beni Indra

Hingga berita ini diturunkan warga belum berani mengevakuasi talud karena takut terjadi longsor susulan. Apalagi hujan gerimis masih mengguyur desa tersebut

Relawan Giribangun, Matesih, Suwarno (40) yang berada di lokasi kejadian membenarkan kejadian tersebut. “Untung saja tidak ada korban jiwa mengingat potensi longsor di Desa Karangvabgun masih mungkin terjadi,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (14/4/2021).

Baca Juga :  Meski Mudik Dilarang, 20.000 Perantau di Karanganyar Sukses Tiba di Kampung Halaman. Kebanyakan Jualan Bakso Mie Ayam hingga Buruh Pabrik

Sementara itu pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM dikabarkan bencana longsor juga terjadi pada waktu yang sama di Desa Girimulyo, Ngargoyoso. Bahkan banjir pun terjadi di Desa Berjo, Ngargoyoso, akibat got tidak mampu menampung air hujan.

Kades Berjo, Suyatno (51) mengatakan akibat derasnya hujan air pun meluap masuk kerumah warga terjadi banjir meskipun Desa Berjo merupakan dataran tinggi.

” Iya benar banjir terjadi di Desa Berjo dan menimpa rumah wito wiyono.
Dusun sompak RT 03/01 Desa Berjo Ngargoyoso,” ungkapnya. Beni Indra