JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KPK Hentikan Penyidikan Terhadap Sjamsul Nursalim Terkait Kasus BLBI, Ini Alasannya

Sjamsul Nursalim / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghentikan penyidikan terhadap tersangka Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim terkait kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

“KPK berkesimpulan syarat adanya perbuatan penyelenggara negara dalam perkara tersebut tidak terpenuhi,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di kantornya, Kamis (1/4/2021).

Alex mengatakan Sjamsul Nursalim dan Itjih berkapasitas sebagai orang yang turut serta melakukan korupsi BLBI bersama mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional Syafruddin Arsyad Temenggung.

Baca Juga :  Geledah 2 Lokasi, KPK Sita Barang Bukti Elektronik dalam Kasus Suap Nurdin Abdullah

Sementara Syafruddin telah divonis lepas oleh Mahkamah Agung di tingkat kasasi.

KPK sempat mengajukan Peninjauan Kembali vonis lepas Syafruddin ke MA pada 17 Desember 2019. Namun, MA menolak upaya hukum luar biasa tersebut pada Juli 2020.

Baca Juga :  Jadi Tujuan Favorit Pemudik, Penyekatan Mudik di Jateng sampai 149 Titik. Kakorlantas: Jalur Tikus Juga Banyak

Alex mengatakan KPK meminta pendapat dari ahli hukum pidana. Mereka menyatakan bahwa tidak ada upaya hukum lain yang dapat ditempuh oleh KPK atas vonis lepas Syafruddin.

“Maka itu KPK memutuskan untuk menghentikan penyidikan (kasus BLBI) atas nama SN dan ISN tersebut,” kata Alex.

www.tempo.co