JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Lebih Awal, Jemaah Naqsabandiyah di Sumbar Sudah Mulai Puasa Ramadan 1442 Hijriah Hari Ini

Ilustrasi bulan Ramadan. Foto: pixabay.com
   

PADANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah baru menjadwalkan menggelar sidang Isbat untuk penentuan awal bulan Ramadan 1442 Hijriah pada Senin (12/4/2021) hari ini. Tetapi ternyata ada kelompok jemaah di Sumatera Barat yang sudah mulai menjalani puasa Ramadan pada hari ini.

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat sudal mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan pada Senin (12/4/2021) hari ini. Hal tersebut setelah dilakukan penghitungan awal waktu Ramadan dengan melihat Bulan sejak bulan Rajab dan Sya’ban.

Baca Juga :  Duh, Tragis! Mayat Seorang Wanita Dicor di Dalam Rumah di Sulsel

Tarekat Naqsabandiyah menggunakan metode Hisab Munjid yang setiap tahun selalu memulai puasa lima hari lebih cepat dari tahun sebelumnya. Tahun 2020 lalu, jemaah Naqsabandiyah memulai puasa pada hari Kamis, makan tahun ini dimulai pada Senin hari ini.

Disampaikan Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Padang, Edizon Revindo, jemaah Naqsabandiyah telah mulai melangsungkan kegiatan salat tawarih pada Minggu (11/4/2021) malam.

“Di Kota Padang kami melaksanakan salat Tarawih di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh,” ujarnya, dikutip Liputan6.com, Senin (12/4/2021).

Saat bulan Ramadan, jemaah tarekat Naqsabandiyah dari tahun ke tahun juga melaksanakan tradisi suluk. Biasanya banyak jemaah yang datang dari luar kabupaten dan kota melakukan tradisi tersebut hingga 40 hari dalam masjid.

Baca Juga :  Usai Laporkan Dugaan Perselingkuhan Suami, Isteri TNI Ini Malah Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Polda Bali

“Mengingat pandemi Corona belum berakhir, maka pelaksanaan ibadah salat Tarawih menerapkan protokol kesehatan,” kata Edizon.

Saat ini, ada sekitar 2.500 jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera Barat, di antaranya di Padang, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, Payakumbuh, dan lainnya. Liputan 6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com