JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Longsor Hari Kedua Puasa Guncang Tiga Kecamatan , Ngargoyoso, Matesih Dan Perbatasan Jatiyoso-Tawangmangu

Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Hujan yang terjadi pada hari kedua bulan Romadlon tepatnya Rabu (14/4/2021)  menyebabkan enam desa di tiga kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jateng terjadi longsor. Kelima desa tersebut yakni lima desa di Kecamatan Ngargoyoso, Satu Desa di Kecamatan Matesih.

Adapun di perbatasan Kecamatan Tawangmangu-Jatiyoso yakni longsor di Desa Tapen yang menghubungkan jalur kedua kecamatan itu terputus karena adanya tumpukan material longsor ditengah jalan.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM menyebutkan longsor cukup parah terjadi di Kecamatan Ngargoyoso yakni lima titik dilima desa. Yakni Dusun Genengrejo, Desa Puntukrejo terdapat tiga titik longsor diantaranya dua rumah tertimpa longsor material. Sedangkan dua lainnya rumah tertimpa longsor di Dusun Talok Desa Nglegok.

Baca Juga :  Ini Daftar Para Korban Keracunan Takjil di Karangpandan, Karanganyar

Selain itu masih terdapat longsor susulan di Dusun Surodadi dan Dusun Tanrn Desa Kemuning terjadi material longsor kejalan menutupi akses jalan desa.  Adapun di Desa Berjo terjadi banjir akibat saluran air tidak mampu menampung air sehingga air masuk kerumah warga.

Camat Ngargoyoso Dwi Cahyo mengatakan longsor terjadi karena intensitas hujan yang deras dan lama sehingga banyak titik desa terjadi longsor. “Iya ini saya turun kelokasi longsor di Ngargoyoao,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS COM, Rabu (14/4/2021).

Meski begitu lanjut Dwi Cahyo, tidak ada korban jiwa namun evakuasi dilakukan besok karena malam hari tidak memungkinkan.

Baca Juga :  Pastikan Warganya Aman, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto Terjun ke TKP Pantau Proses Evakuasi Korban Keracunan Takjil

Sementara itu di Desa Karangbangun Matesih terjadi talud longsor menimpa rumah Sastro Jum (65) namun mengenai dapur dan tidak ada korban jiwa.

Terpisah Camat Tawangmangu Rusmanto membenarkan terjadi longsor di jalur Tawagmangu-Sepanjang yang menghubungkan Kecamatan Tawangmangu-Jatiyoso tepatnya di Desa Tapen. Namun malam itu juga longsoran yang tumpah dijalan langsung dibersihkan. “Ya benar terhadi longsor tapi sekarang jalur sudah normal bisa dilewati kembali,” ungkapnya.

Kalak BPBD Karanganyar Sundoro mengatakan pihaknya masih melakukan upaya evakuasi di Ngargoyoso namun melihat situasi sebab gerimis masih terjadi.  Beni Indra