JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mengupas Joglo Bersejarah Milik Pengusaha Billy Beras yang Dijadikan Joglo Kemenangan Anies 2024 di Sragen. Jadi Jujugan Pejabat, Atlet hingga Para Pemimpin Nasional, yang Didukung Hampir Semuanya Jadi (Bagian 2)

Pengusaha kenamaan asal Sragen, Billy Beras (kiri) saat berbincang dengan Gubernur DKI Anies Baswedan di joglo tempat usaha Billy di Masaran Sragen yang disiapkan jadi posko kemenangan Anies di 2024. Foto/Wardoyo
PPDB
PPDB
PPDB

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bangunan joglo di kompleks GOR bulutangkis dan pergudangan milik pengusaha ternama asal Sragen Billy Haryanto alias Billy Beras, tidak hanya dikenal megah.

Di balik kemewahan dan kemegahan bangunan khas Jawa itu, ternyata juga memiliki sejarah di dunia perpolitikan lokal hingga nasional.

Ternyata, diam-diam bangunan joglo itu selama ini banyak menjadi jujugan para calon pemimpin lokal dan pejabat teras tingkat nasional.

Menurut petugas penjaga kompleks, Dodot, beberapa yang pernah datang ke Joglo itu di antaranya Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, kemudian Sekda DKI (alm) Saefullah.

“Terus pernah juga Pak Maruli sekarang Pangdam Udayana, Adc Jokowi, dan atlet-atlet nasional. Yang sering ke sini Kevin CS,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (29/4/2021).

IMG 20210427 WA0021
Joglo milik pengusaha ternama Sragen, Billy Beras di Masaran yang tertulis spanduk Joglo Kemenangan Anies 2024. Foto/Wardoyo

Sementara, di sisi lain, Billy Haryanto sebelumnya menyampaikan selain jadi langganan atlet-atlet bulutangkis nasional, joglo megahnya itu juga menjadi jujugan para pejabat teras dan tokoh politik di kancah nasional.

Baca Juga :  Meski Sudah Divaksin, Sejumlah Warga di Sragen Dilaporkan Kembali Terpapar Positif Covid-19. Kok Bisa?

Tak hanya sekadar berkunjung, sebagian juga datang untuk meminta doa restu. Dan menariknya, hampir semua yang hadir dan datang di joglo itu, mayoritas terpilih dan jadi.

“Di Joglo ini sejarahnya semua calon yang saya dukung dimulai. Dan semuanya jadi,” ujar Billy.

Billy mengatakan termasuk dukungan yang ia berikan kepada Jokowi dalam dua kali Pilpres 2014 dan 2019 dulu. Saat itu dirinya juga mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla dan Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2014 dan 2019.

Kemudian joglo miliknya juga dijadikan posko kemenangan untuk Jokowi.

“Di tempat inilah dulu para relawan Jokowi kumpul,” urainya.

Namun, kini ia menyatakan beralih dan mendukung Gubernur DKI, Anies Baswedan agar maju Capres 2024. Menurutnya dukungan itu memang hanya bersifat dukungan pribadi.

Baca Juga :  Disimpan di Kolong Tempat Tidur, Uang Rp 70 Juta Milik Yayasan MTA Sukodono Sragen Dilaporkan Raib di Rumah Ketua. Satu Sepeda Motor Butut Juga Hilang

Ia memandang Anies sudah layak naik ke Pilpres karena dianggap berhasil menekan angka Covid-19 di DKI dan menjaga stabilitas harga sembako.

“Karena di 2024, Pak Jokowi sudah enggak bisa nyalon lagi maka saya pilih Anies. Saya yakin Anies peluangnya besar sekali untuk menang,” ujarnya terkait kunjungan Anies Baswedan di joglonya Sabtu kemarin..

Di joglo yang kemudian menjadi perbincangan itu, Sabtu (24/4/2021) memang menjadi lokasi menerima kunjungan Anies Baswedan.

Kala itu, terpampang spanduk berukuran 3×2 meter bertulisan Joglo Kemenangan Anies Capres 2024, Muda-mudi Solo Raya Siap Dukung Anies.

Meski begitu, dia berharap Anies berfokus terhadap pekerjaannya di Ibu Kota sebelum mencalonkan diri sebagai capres 2024. Termasuk penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

“Sejauh ini saya melihat Anies cukup berhasil dalam penangan Covid-19,” kata Billy. (Wardoyo/Habis)