JOGLOSEMARNEWS.COM Video

Rutan Kelas IIB Wonogiri Jadi Rutan Terbaik Tingkat Nasional, Warga Binaannya Bisa Hasilkan Uang Sendiri Lewat Produksi Barang Berkualitas Berharga di Bawah Pasaran

   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wonogiri dinobatkan sebagai rutan terbaik kedua tingkat nasional 2021 ini. Penghargaan itu menjadi kado indah dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Wonogiri, Daniel Kristianto didampingi Kepala Keamanan Rutan Agus Susanto kepada sejumlah wartawan, Selasa (27/4/2021) menjelaskan, raihan penghargaan tersebut akan menjadikan pemicu semangat untuk meningkatkan pelayanan.

Ada sejumlah faktor yang menjadikan Rutan Kelas IIB Wonogiri mempu meraih yang terbaik. Di antaranya administrasi rutan tertata begitu baik. Kemudian dalam beberapa tahun tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya pelayanan ke warga binaan sangat humanis.

Baca Juga :  Wajib Tahu!Jadwal Oneway Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 via Tol Cipali

Faktor lainnya adalah kerjasama yang terjalin baik dengan institusi lainnya. Juga pemberian ketrampilan pembuatan barang berkualitas untuk warga binaan.

Hasil dari praktek pembuatan barang berupa produk juga langsung dijual. Sebagian penjualan diberikan kepada para warga binaan. Inilah mengapa warga binaan Rutan Kelas IIB Wonogiri mampu menghasilkan uang sendiri.

Paling tidak sudah tiga tahunan program ini berjalan. Semakin ke sini kian berkembang saja. Muaranya sejalan dengan program kerja dari Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) yakni program satu hari satu produk alias one day one prison’s product.

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

Adapun produk-produk warga binaan Rutan Kelas IIB Wonogiri yang kini dijual bebas untuk umum di antaranya handycraft seperti miniatur kapal, pesawat bola durian, sangkar burung. Kemudian mebel yang memanfaatkan drum bekas yang dirangkai menjadi kursi cantik. Ada juga produk tusuk sate, aneka kue, bakery dan pizza.

Harga handycraf antara Rp 25 ribu sampai Rp 150 Ribu. Kemudian untuk mebel yakni meja kursi dari drum bekas yang dilengkapi sound sistem dihargai Rp 2,5 juta. Untuk harga masih di bawah harga pasaran, tapi soal kualitas berani diadu.

Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com