JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Beri Lahan 19.000 Hektare untuk Muhammadiyah, Busyro Muqoddas: Sangat Politis dan Kering Hati Nurani

Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas memberikan keterangan terkait penarikan kembali permohonan uji materi UU MD3 oleh Koalisi Masyarakat Sipil di kantor MK, Jakarta Pusat, 7 Desember 2017 / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –  Pemberian lahan seluas 19.000 hektare di akabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk dikelola Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, ternyata dibaca lain oleh
Ketua Bidang Hukum dan HAM PP  Muhammadiyah, Busyro Muqoddas.

Eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut  menilai,  langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi)  tersebut bermakna politis yang sangat pragmatis.

“Jangan dikira bahwa di balik 19 ribu hektare tanah dari Presiden untuk PP Pemuda Muhammadiyah itu tidak ada makna politiknya sama sekali,” ujar Busyro Muqqoddas dalam sebuah acara diskusi daring yang digelar LP3ES, Senin (19/4/2021).

Menurut Busyro, PP Pemuda Muhammadiyah sebagai subjek hukum tidak berhak sama sekali mengelola lahan tersebut.

Baca Juga :  Kronologi Taruna STIP Jakarta Tewas Dianiaya Senior

“Tapi juga lebih lebih besar daripada itu, Presiden sama sekali enggak berhak membagi-bagikan seperti itu,” ujarnya.

Sikap Presiden Jokowi dalam hal ini, ujar Busyro, tidak bermakna lain selain politis.

“Apa maknanya kecuali makna politik yang sangat pragmatis dan tandus hati nurani serta tandus narasi,” ujar dia.

Hal-hal seperti ini, lanjut Busyro, bisa dibaca sebagai salah satu upaya pemerintah memperlemah kekuatan masyarakat sipil.

Sekretaris Jenderal PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmad Tawalla sebelumnya menyebut pengelolaan lahan itu merupakan bentuk komitmen Presiden Jokowi mendukung agenda ekonomi dan kewirausahaan Pemuda Muhammadiyah.

Lahan tersebut, kata Dzulfikar, nantinya akan dimanfaatkan dan dikembangkan untuk pengelolaan sampah mandiri, pengembangan peternakan, dan pengembangan hidroponik. “Berbasis pemberdayaan masyarakat,” kata Dzulfikar seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (24/4/2021).

Baca Juga :  Ini Sejumlah Nama yang Potensial di Bursa Cagub DKI dari PDIP, Nama Sri Mulyani Masuk Radar

Pemberian konsesi lahan yang bisa dikelola secara mandiri oleh PP Pemuda Muhammadiyah ini disebut telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Pemberian konsesi Lahan TORA, menurut Dzulfikar, telah melalui koordinasi dengan Mensesneg Pratikno dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto hingga Dirjen Planologi Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Sigit Hardwinarto, sehingga ditentukan bahwa lahan yang dipilih ada di wilayah Sumatera Selatan.

“Dari sini berulah kemudian jelas arahan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK), serta menunjuk lokasi HPK yang ada di Sumatera Selatan,” ujar Dzulfikar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com