JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Daun Ketapang, Mencegah Diabetes Hingga Budidaya Ikan Cupang

Pohon ketapang. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Daun ketapang banyak dimanfaatkan dalam budidaya iukan cupang. Tanaman ketapang atau ketepeng atau Terminalia catappa L. ini adalah tanaman asli dari Asia Tenggara dan sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Banyaknya orang yang budidaya ikan cupang membuat daun ketapang menjadi tren, kok bisa?

Daun ketapang ini banyak dimanfaatkan untuk membuat ikan nyaman di dalam air akuarium.

Tetapi selain untuk budidaya ikan, ternyata daun ketapang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bedasarkan penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila), ketapang sendiri ternyata sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Asia untuk mengobati dermatitis, hepatitis, anti kanker dan pencegah diabetes.

Baca Juga :  Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak dari Toner Hingga Pelembab

Daun ketapang bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan dan juga berperan sebagai hepatoprotektor. Belakangan, banyak penelitian yang dilakukan pada daun ketapang untuk melihat khasiatnya bagi kesehatan.

Tidak hanya daun ketapang, kulit kayu ketapang-pun dapat digunakan untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, ekstrak daun ketapang dan kulitk kayunya yang dicampur dengan campuran kompleks flavonoid,fitosterol, tanin, saponin, dan senyawa fenolik. Campuran tersebut memberikan efek antijamur, antibakteri, dan kemampuan anti inflamasi.

Manfaat lainnya dari daun ketapang yaitu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, mengurangi risiko stroke, membantu menyembuhkan sariawan, mempercepat penyembuhan penyakit kulit, melancarkan pencernaan, dan mengurangi nyeri haid.

Baca Juga :  Kajian Cepat Kemenkes, Vaksin Sinovac Bisa Cegah Kematian Karena Covid-19 Hingga 98 Persen

Cara mudah untuk mengonsumsi daun ketapang untuk kesehatan, dapat dengan cara meminum rebusan daun ketapang.

Kandungan methanol dalam daun ketapanga juga dapat menyembuhkan luka pada kulit. Jika pengobatan daun ketapang pada luka luar, jamur, bakteri atau alergi yang timbul di kulit. Cara penggunaannya bisa dengan melumatkan daun dan menempelkannya di kulit.

Perlu diingat, untuk mengoptimalkan penyembuhan penyakit menggunakan daun ketapang, penting pula untuk mengonsums makanan bergizi dan minum air putih yang cukup dan jalani pola hidup sehat.

www.tempo.co