JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Selama Pandemi Berlangsung, Jamaah Umrah Wajib Menunjukkan Vaksin Covid-19 dari Negara Asal

Ilustrasi jamaah haji / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, para calon jamaah umrah tahun 2021 ini sekarang mendapat tambahan syarat baru, yakni harus bisa menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 dari negara masing-masing.

Hal itu diumumkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, melalui Juru Bicara Kementerian, Eng. Hisham Saeed seperti dilansir Saudi Gazette, Selasa (20/4/2021).

Menurut dia, mekanisme kementerian untuk para peziarah yang datang dari luar Kerajaan selama bulan suci Ramadan, status kesehatan mereka harus berada dalam aplikasi “Tawakkalna” Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Atas dasar mekanisme tersebut, jamaah haji asing yang memiliki sertifikat vaksinasi akan melanjutkan ke salah satu pusat Inaya (perawatan) di Makkah untuk memverifikasi keaslian sertifikat.

Setelah melalui proses tersebut, pejabat pusat akan menetapkan tanggal dan waktu untuk pelaksanaan Umrah dan salat di Masjidil Haram.

Kementerian Haji dan Umrah pada Kamis lalu, mengumumkan mekanisme dan peraturan bagi jemaah yang datang dari luar Kerajaan untuk menunaikan ibadah umrah.

Dalam sebuah pernyataan di akun Twitter-nya, kementerian mengatakan bahwa ada lima langkah yang perlu diikuti oleh jamaah umrah asing sebelum melakukan ritual mereka.

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

Semua jemaah asing juga harus pindah ke Inaya Center di Makkah enam jam sebelum menunaikan ibadah umrah, memverifikasi status vaksinasinya, memakai gelang digital.

Jemaah asing diwajibkan menghabiskan tiga hari di karantina di hotel masing-masing di Makkah setelah kedatangan mereka di Kerajaan.

Selama Ramadan, jumlah izin ibadah umrah telah dinaikkan menjadi 50.000 jemaah setiap harinya.

Lebih dari 10 juta jemaah domestik dan asing melaksanakan umrah sebelum Ramadan menggunakan aplikasi Eatmarna menyusul dimulainya kembali ibadah umrah secara bertahap pada 4 Oktober 2020.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com