JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Songsong Hari Kartini dan Bulan Puasa, Ratusan Ibu Gondangrejo Ikuti Senam Massal Gaya Bebas

Ibu-ibu mendapatkan bantuan Sembako setelah mengikuti senam massal dengan gaya bebas / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyambut dua momentum besar yakni Hati Kartini dan menyongsong bulan puasa, ratusan ibu-ibu di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar  serentak menggelar senam massal gaya bebas di Desa Ndayu, Gondangrejo, Minggu (11/4/2021).

Ada yang unik pada senam massal tersebut, yakni bagi peserta yang masih awam diperbolehkan gaya bebas sesuai kemampuannya tanpa dipaksakan.

Sementara bagi yang sudah terbiasa senam, diupayakan mengikuti alunan musik serta memperhatikan instruktur senam.

Alhasil, ada juga peserta yang merasa kesulitan mengikuti gaya instruktur dipanggung, akhirnya senam dengan gaya versi sendiri alias otodidak, sehingga terkesan lucu dan menarik perhatian penonton.

Ketua panitia senam massal Gondangrejo, Suwarni mengatakan dirinya sengaja mengundang ratusan peserta perempuan secara umum dengan tujuan untuk mengenang Hati Kartini karena usai senam juga dilakukan edukasi tentang mengenang pahlawan RA Kartini.

Baca Juga :  Sinergi TNI-Polri di  Karanganyar. Kapolres Dan Dandim Bersama Bagikan  Seribu Takjil pada Kaum Duafa

“Ini luar biasa saat hari Kartini nanti pas bulan puasa maka kami Songsong sedari sekarang mumpung belum puasa dan animo warga sangat besar meski banyak peserta yang belum terbiasa senam,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (11/4/2021).

Menurut Suwarni, di tengah digitalisasi semua orang selalu fokus dengan handphone, dirinya bersama panitia berpikir bagaimana caranya mengajak kaum perempuan bisa fokus sejenak mengenang ketokohan pahlawan RA Kartini, maka diputuskan digelar senam massal.

Melalui  senam massal, kaum perempuan diharapkan untuk sejenak melepaskan diri dari handphone, selanjutnya diberikan edukasi cerita hari bersejarah RA Kartini.

“Hasilnya kaum perempuan responsif terhadap edukasi cerita tentang RA Kartini oleh panitia,” ujarnya.

Baca Juga :  Panduan Salat Idul Fitri di Karanganyar Boleh di Masjid dan Lapangan. Kemenag Imbau Kapasitas 50 %, Khotbah Hanya 20 Menit Tanpa Salaman

Selanjutnya untuk merangsang animo kaum perempuan, terutama yang  secara ekonomi kurang mampu, maka panitia juga membagikan paket sembako dalam rangka membantu mereka terutama untuk menambah logistik menghadapi bulan puasa yang sebentar lagi tiba.

“Ya kami juga bagikan paket sembako kepada peserta dari warga miskin untuk membantu logistik menghadapi puasa,” ungkapnya.

Suwarni yang juga Anggota DPRD Karanganyar itu menjelaskan, acara tersebut digelar sebelum puasa agar fokus, mengingat jasa pahlawan RA Kartini, sebab tanggal 21 April jatuh pada bulan puasa yang mana semua fokus ibadah dan fokus lebaran.

Tak pelak momentum yang tepat ya dua hati sebelum hati puasa digelar acara memperingati Hari Kartini. Beni Indra