JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Unik, Kakek Usia 102 Tahun Asal Karanganyar Ini Masih Mampu Jalan Kaki 10 Kilometer!

Sukino, pria berusia 102 tahun yang masih segar bugar / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM — Panjang umur dan sehat adalah dambaan semua orang. Di Kabupaten Karanganyar, Jateng terdapat seorang kakek berusia 102 tahun dan kondisinya masih sehat segar bugar. Bahkan pada saat ini, dia masih mampu berjalan sepanjang 8 kilometer.

Lelaki perkasa ini adalah Sukino Wiryono,  mantan Kepala Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Sukino (panggilan populernya) menjadi Kades Tlobo pasca Indonesia merdeka, dia merupakan kades kedua dan menjabat  selama 38 tahun berturut-turut tanpa pernah berhenti. Sukino lengser dari Kades Tahun 2002 karena batas usia sesuai aturan baru.

Tentu saja kondisi kakek itu boleh dianggap fenomena karena bukan semata-mata karena umurnya yang 102 tahun.

Lebih dari itu,  karena kondisi kesehatannya yang mengagumkan untuk manusia usia tersebut. Boleh jadi ada manusia yang usianya tembus di atas 100 tahun,  tetapi fisiknya sudah drop alias melemah dan sakit-sakitan.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM , saat bertemu dan bincang – bincang santai hingga satu jam,   kakek ini tampak fenomenal. Dari kondisi fisiknya normal, berdiri juga masih tegap, pandangan mata masih kuat, demikian puka dengan memorinya.

Baca Juga :  Mandi Bersama Enam Temannya, Suyadi Tewas di Dam Cangkring, Matesih. Padahal Niatnya Semula Ngabuburit

Bahkan daya intelektualnya pun masih bagus ketika menceritakan sejarah  hidupnya sejak dari muda hingga sekarang.

“Kelemahan saya cuma satu yakni pendengaran sudah berkurang, tetapi asal bicara agak keras sedikit saja saya terdengar jelas,” ungkapnya saat ngobrol santai dengan JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (29/4/2021). Sukino menuturkan sejarah hidupnya mulai sejak muda menjadi tentara kemerdekaan melawan penjajahan sehingga sekarang dirinya tercatat sebagai seorang veteran.

Sukino mengakui meski sudah tua, namun setiap hari masih beraktivitas seperti biasa atas inisiatif sendiri sebagai bapak rumah tangga. Di antara masih hoby bersih-bersih rumah, tanaman dan tiap pagi olahraga ringan  di rumah.

Selain itu dirinya sesekali atas inisiatif sendiri sering bergaul dengan warga desa. Bahkan juga mendampingi tamu dari anak-anaknya.

“Maunya anak-anak itu saya disuruh diam saja di rumah, tapi saya tidak mau karena saya masih bisa ke mana-mana,” ungkap Sukino.

Bahkan Sukino menuturkan dirinya masih kuat berjalan kaki menempuh jarak hingga 10 kilometer.

“Pernah saya pada suatu pagi, jalan-jalan hingga ke Kecamatan Jatipuro PP masih biasa saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Indahnya Toleransi. 30 Personel Umat Hindu dan Kristen Berpartisipasi Menjaga Sholat Ied di Lapangan Kemuning, Karanganyar

Meskipun diakui setelah ketahuan anak-anaknya dirinya dilarang berjalan-jalan keluar karena khawatir penuh dengan  risiko.

Sukino menyadari kekhawatiran anak-anaknya jika dirinya  tidak bisa pulang. Padahal Sukino dengan lantang menyebut dirinya tidak pikun dan masih sehat.

Pada bagian lain, Sukino menjelaskan riwayat keluarga yakni memiliki empat anak, dan 14 cucu serta cicit atau buyut sebanyak 38 orang.

Dari sejarah keluarga itu, Sukino dalam perjalanan karirnya menceritakan dari warga biasa hingga menjadi Kades dan bersyukur memiliki empat orang anak.

Dia juga  merasa bangga karena salah satu anaknya  adalah seorang  Jenderal bintang satu TNI AU yang baru saja pensiun dan tinggal di Karanganyar kota.

Kini karier hidup Sukino diwarisi oleh salah satu anaknya yakni Winahyu Tri Prasetyo yang baru saju dilantik sebagai Kades Tlobo.

Kini ditengah usia 102 tahun Sukino berpesan resep panjang umur adalah berpikir santai tapi bertanggung jawab serta selalu berpikir positif bisa membuat hati tenang.

“Ya itu saja manusia hidup itu intinya beribadah dan berjuang,” ungkapnya. Beni Indra