JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Gudangnya Petani Milenial, Banyak Perantau Muda Mudik dan Raih Penghasilan Menggiurkan. Desa Jimbar Juga Terbaik se-Wonogiri dan Masuk 3 Besar Jateng

Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri merupakan gudangnya petani milenial. Banyak perantau berusia muda memilih pulang kampung di Jimbar dan menjadi mengembangkan bisnis di bidang pertanian.

Hasilnya sangat menggiurkan. Pendapatan sebagai petani ternyata tidak kalah dari pekerja kantoran.

Bupati Joko Sutopo mengatakan Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro sukses meraih juara lomba desa tingkat Kabupaten Wonogiri. Desa tersebut juga masuk nominasi tiga besar lomba desa tingkat Provinsi Jateng.

Baca Juga :  Jika Tidak Ada Tilang Apakah Pelanggar Lalu Lintas Dibiarkan Saja oleh Polisi? Ini Seputar Pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2021

“Ada tiga poin penilaian yang membuat desa tersebut layak menjadi juara. Yakni penilaian bidang tata kelola pemerintahan, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. Desa Jimbar unggul di tiga poin itu,” ujar Bupati usai menyerahkan penghargaan lomba desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (27/5/2021).

Advertisement

Menurut Bupati, setiap desa harus mempunyai semangat untuk berkompetisi. Desa Jimbar yang kini maju ke tingkat Provinsi Jateng dapat menjadi motivasi bagi desa lainnya.

Baca Juga :  Begini Loh Cara Menekan Biaya Produksi Pertanian yang Masih Terbilang Tinggi Hingga Memberatkan Petani

Terpisah Kepala Desa (Kades) Jimbar Sutrisno membeberkan, inovasi mempunyai poin tertinggi dalam penilaian. Ada tiga inovasi unggulan desa tersebut. Yakni penerapan jam belajar masyarakat, perubahan mindset petani muda bergaya dan inovasi e-government untuk mempermudah pelayanan surat-menyurat di Desa Jimbar.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua