JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jelang Iedul Fitri,  Kerja Sama dengan Bapera, Panitia Imlek Nasional Sumbang Beras dan Masker Senilai Rp 350 Juta di Karanganyar

Foto: Beni Indra
   
Panitia Imlek Nasional bekerja sama dengan DPD Bapera membagikan bantuan 20 ton beras dan 40.000 masker / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Momentum Iedul Fitri 1442 H dijadikan Panitia Imlek Nasional (PIN) bekerja sama dengan DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Karanganyar membagikan sebanyak 20 ton beras dan 40.000 masker, Sabtu (9/5/2021).

Bantuan diberikan secara bertahap untuk lima kecamatan, yakni Kecamatan Karangpandan, Colomadu, Ngargoyoso, Kerjo dan Kecamatan  Karanganyar Kota.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Ketua Korlap PIN Surakarta Sumantri Dana Waluyo bersama pengurus  Bapera Karanganyar yang diketuai Ilyas Akbar Almadani dan Kades Harjosari Sutarso atau yang  akrab disapa Kang Tarso.

Pada acara itu, Bupati  Karanganyar Juliyatmono datang memberikan sambutan. Dalam sambutannya,  Bupati merasa bersyukur di tengah suasana  Lebaran ada pihak ketiga yang peduli memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Ini bukti keharmonisan dalam keberagaman Bhinneka Tunggal Ika yang mana antar umat beragama saling membantu dalam hal ini dilakukan oleh Panitia Imlek Nasional yang merupakan representasi dari golongan Khonghucu ,” tandas Bupati.

Untuk itu,  Bupati memberikan apresiasi mendalam kepada PIN yang menggelontorkan bantuan senilai Rp 350 juta tersebut.

Adapun terhadap Bapera yang terlibat pada kerjasama pembagian bantuan tersebut, Bupati menyambut baik sebagai terobosan nyata kiprah Bapera terhadap masyarakat.

“Masyarakat akan menilai   jiwa kesigapan Bapera yang sangat peka dinamika sosial yang terjadi di masyarakat,” ungkapnya.

Foto: Beni Indra

Sementara itu,   Ketua Korlap PIN Surakarta Sumantri Dana Waluyo mengatakan bantuan beras sebanyak 20 ton serta 40.000 masker dilakukan secara bertahap. Kali ini diberikan kepada 5 kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

“Kami sudah memberikan bantuan di Pulau Jawa termasuk di Kabupaten Karanganyar tahap pertama setelah kolaborasi dengan Bapera dan Kang Tarso selaku Ketua Papdesi,” ungkapnya.

Adapun besaran bantuan itu diberikan untuk tiap peserta penerima sebanyak 10 kilogram beras dan satu  pack masker. Diharapkan bantuan itu bermanfaat bagi warga desa yang menerima paket bantuan tersebut.

Lebih lanjut,  Sumantri menegaskan bantuan itu diberikan pada empat kriteria yakni satu untuk warga terkena bencana, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri Covid-19  warga yang membutuhkan dan warga lansia tapi yang miskin bukan lansia kaya.

Saat ini PIN suda menyiapkan sebanyak 1.000.000 paket, per paket berisi 10 kilogram. Sedangkan masker disiapkan sebanyak 20 juta buah.

Terpisah,  Ketua Papdesi Cabang Karanganyar Sutarso menjelaskan acara pembagian beras dan masker dilakukan secara berkala bersama Bapera.

“Ini lima kecamatan dulu nanti diperluas karena stok nasional sebanyak satu  juta paket beras masih siap,” tandasnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com