JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kasus Positif Covid-19 Dunia Sudah Tembus 157 Juta, Menlu Retno Ingatkan Mayarakat Terus Taat Protokol Kesehatan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan penutupan sementara jalur masuk kedatangan warga negara asing dari semua negara ke Indonesia mulai 1 hingga 14 Januari 2021. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Sampai dengan Jumat (7/5/2021) kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 secara total di seluruh dunia sudah melebihi 157 juta kasus. ย Sementara itu, pasien Covid-19 yang meninggal sudah mencapai lebih dari 3,2 juta orang.

Demikian disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menerima kedatangan 1,3 juta vaksin virus corona AstraZeneca gelombang ketiga, Sabtu (8/5/2021).

Mengutip laporan mingguan WHO mengenai situasi epidemiologi global Covid-19 pada Minggu lalu (sampai 2 Mei 2021), Retno menjelaskan, jumlah kasus positif Covid-19 di dunia dalam dua pekan terakhir sudah melebihi jumlah kasus pada enam bulan pertama pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Itu, menurut Retno merupakan jumlah yang sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per minggunya.

Kawasan Asia Tenggara, yang dalam terminologi WHO terdiri dari negara India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Maldives, Timor Leste, Myanmar dan Bhutan, mengalami kenaikan kasus tertinggi, yaitu 19 persen, dilihat dalam kurun waktu seminggu sampai 2 Mei 2021.

Dengan kenaikan kasus baru itu, lanjut Retno, maka kasus baru Asia Tenggara merupakan 47 persen dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut. Kenaikan cukup tinggi ini terutama terjadi di India.

Baca Juga :  Jika Tuduhan Pencatutan Nama Dosen Malaysia Terbukti, Pakar: Gelar Guru Besar Dekan FEB Unas Mestinya Dicopot

Melihat dari fakta tersebur, Menlu Retno memperingatkan masyarakat Indonesia agar tetap waspada mengingat penyebaran virus mematikan itu masih terjadi dimana-mana.

โ€œSetiap dari kita dapat menjadi bagian dari ikhtiar untuk mencegah peningkatan penyebaran virus Covid-19. Caranya? Kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang sedang dilakukan Pemerintah,โ€ kata Retno.

Retno juga meminta masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan. Sebab mematuhi protokol kesehatan bukan saja untuk melindungi diri kita sendiri, namun juga melindungi orang-orang sekitar yang kita cintai.

โ€œSaya ingin mengajak kita semua untuk terus mematuhi protokol kesehatan,โ€ ujar Retno.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com