JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Libur 2 Hari, Sejumlah Pengunjung Tamansari Yogyakarta Pun Kecele

Kompleks Wisata Tamansari di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta tutup selama dua hari pertama Lebaran. Operasional baru kembali dibuka pada Sabtu (15/05/2021) mendatang / tribunnews
PPDB
PPDB
PPDB

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Beberapa pengunjung objek wisata Tamansari di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta kecele saat berkunjung ke objek wisata tersebut pada lebaran hari pertama, Kamis (13/5/2021).

Pasalnya, objek wisata tersebut ternyata tutup selama dua hari ini saat lebaran. Para wisatawatan pun baru bisa mengunjungi destinasi wisata tersebut pada Sabtu (15/05/2021) mendatang.

Tutupnya Tamansari diungkapkan oleh Budi, seorang pemandu wisata sekaligus anggota Paguyuban Tamansari.

Menurutnya, kebijakan itu sudah disepakati bersama oleh warga dan manajemen pengelola.

“Jadi di hari pertama dan kedua Lebaran ini kita tutup sementara. Baru buka pas Sabtu atau akhir pekan,” kata Budi pada Tribun Jogja, Kamis (13/5/2021) siang.

Karena tak tahu pengumuman itu, sejumlah pengunjung tetap datang ke situs cagar budaya tersebut, dan kecele.

Menurut Budi, wisatawan yang telanjur datang tersebut kebanyakan warga DIY sendiri. Mereka hadir setelah melaksanakan ibadah Salat Ied dan bersilahturahmi dengan keluarga.

“Mungkin keluarganya ada yang tinggal di sekitar sini, sehingga mereka memutuskan sekalian mampir,” ujarnya.

Pagar menuju kompleks Tamansari sendiri tampak terkunci. Kendati begitu, Budi dan rekan-rekannya tetap berjaga-jaga di dekat loket dan area parkir kendaraan wisatawan.

Mereka berjaga sekaligus menginformasikan pada para pengunjung yang telanjur datang jika Tamansari ditutup sementara waktu. Informasi itu juga sudah diberikan pada pelaku wisata lain.

“Pedagang sampai tukang becak sudah kita beritahu bahwa aktivitas tutup dulu dua hari ini,” kata Budi.

Alvin (17) adalah satu dari pengunjung yang bermaksud masuk ke Tamansari. Pelajar asal Sleman ini datang bersama dengan seorang temannya menggunakan sepeda motor.

Rencananya, ia ingin masuk ke dalam sekaligus foto-foto. Namun lantaran ditutup, ia hanya puas berfoto di area luar Tamansari.

“Tadi juga diberitahu kalau ternyata tutup sementara sama warga sini,” ujar Alvin.

www.tribunnews.com