JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Alhamdulillah, 100 Persen Santri dan Pengasuh Ponpes Al Fattah Sanggrahan Pucangan Kartasura Sukoharjo Negatif Tes Antigen COVID-19, Sudah 2 Kali Hasilnya Negatif Semua

Pelaksanaan rapid tes antigen di Ponpes Al Fattah Sanggrahan Pucangan Kartasura Sukoharjo. Foto : istimewa
PPDB
PPDB
PPDB

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Keluarga besar pondok pesantren (ponpes) Al Fattah Sanggrahan Pucangan Kartasura Sukoharjo dua kali menggelar rapid tes antigen COVID-19. Dari dua kali pelaksanaan, hasilnya semua yang dites dinyatakan negatif COVID-19.

Dalam rilis yang diterima Sabtu (12/6/2021), tes digelar dalam rangka menyambut kedatangan santri dari kampung halaman masing-masing. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan yayasan Sambung Nusantara Utama Sukoharjo.

Acara juga dihadiri yayasan Ketua Deri Adhi Gunawan beserta pengurus yayasan lainnya. Pelaksana rapid tes antigen dilakukan oleh empat orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Kartasura.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Sambung Nusantara Utama Deri Adhi Gunawan mengatakan dengan tes rapid antigen santri dan pengasuh pesantren bisa tenang dalam belajar di pesantren. Selama ini santri yang telah tiba dari kampung halamannya dibiarkan saat kembali ke pesantren.

“Inilah yang membuat kegelisahan dari diri para pengurus Yayasan Sambung Nusantara untuk peduli terhadap kondisi kesehatan santri dan pengasuh di pesantren,” kata dia.

Terhitung dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H yang lalu, pengurus Yayasan langsung bertindak cepat ke lapangan berkoordinasi dan komunikasi berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Seperti menyeleksi pesantren mana saja yang perlu diberi bantuan alat kesehatan tes rapid antigen dan langsung menghubungi para pengasuh pesantren.

“Alhamdulillah respon dari para pengasuh pesantren sangat positif,” beber dia.

Rapid tes dilaksanakan di ponpes Al Fattah pada Kamis, 10 Juni 2021 diikuti 106 santriawan santriwati dan empat Pengasuh. Hasilnya 100,% sehat semua tidak ada yang reaktif.

Kegiatan ini merupakan kali kedua setelah kegiatan pertama dilaksanakan di pertengahan Mei 2021 di Rumah Sambung Jombor Bendosari Sukoharjo. Pada tes kali pertama, 56 santri dan pengantar sehat dan tidak ada yg reaktif. Kegiatan ini berkat kerjasama Yayasan Sambung Nusantara Utama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo dan disupport Anggota DPR RI Komisi 1 Nabil Harun. Aris