JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Boom Mbledos Terbaru Covid-19 Klaster Pabrik Sepatu di Jaten, Karanganyar. Hasil Swab Sebanyak 95 Karyawan Positif!

ilustrasi virus Corona

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Setrlah muncul covid klaster Desa Paulan, Colomadu dan Klaster Pijat di Ngringo, Jaten, kini terbaru muncul Klaster dahsyat yakni Klaster pabrik sepatu di Dusun Jumog, Jaten, Karanganyar, Jateng. Hasil swab Sabtu (19/6/2021) diketahui dari sebanyak 745 karyawan yang diswab terdapat sebanyak 95 orang positif covid.

Tak pelak kasus itu membuat warga sekitar cemas mengingat banyak karyawan yang kos dilingkungan sekitar. Selain itu para karyawan juga berinteraksi melekat dengan para pedagang makanan dan lainnya lazimnya lingkungan industri.

Kades Jaten, Karanganyar, Hargo Satoto (50) mengakui adanya kejafian tersebut dan sudah dalam pantauan serta kordinasi antara Satgas Desa Jaten dengan pihak perusahaan.

“Iya benar banyak sekali yang hasil swapnya positif covid 19 dan sekarang bagi yang positif tersebut diperitahkan menjalani isolasi mandiri baik pulang kerumahnya atau tetap dikosnya masing-masing,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (21/6/2021).

Baca Juga :  Main Rampas Motor Nasabah di Jalan, 2 Debt Collector Asal Sragen Ditangkap Polisi dan Dijebloskan Penjara Karanganyar. Mengaku Dibayar Rp 1,2 Juta Sekali Tarik

Hargo Satoto menjelaskan peristiwa itu diketahui pada lima hari lalu yakni banyak karyawan mengeluh panas batuk dan sesak nafas. Selanjutnya pihak pabrik mengusut apakah ada yang terindikasi covid tapi tidak mengaku atau kategori Orang Tanpa Gejela OTG.

Alhasil ternyata diketahui ada salah satu karyawan mengakui bahwa ada anggota keluarga yang sakit mirip gejala Covid-19.

Selanjutnya karyawan tersebut dan keluarganya diswab dan hasilnya karyawan tersebut positif Covid-19, namun keluarga yang sakit itu justru sudah pulang kerumah asalnya dari luar Karanganyar.

“Karena terlanjut positif covid tapi tidak diketahui dan masih aktif bekerja, khirnya satu karyawan itu menularkan pada karyawan lainnya yang terdekat, hingga akhirnya menjalar parah dan seluruh karyawan diswab total,” ungkapnya.

Setelah mendapat kabar awal tersebut Satgas Covid-19 Desa Jaten jemput bola mendatangi perusahaan guna meminta keterangan dan hasilnya diakui adanya sebanyak 95 orang positif covid. Dan sekarang sedang dilakukan kordinasi tingkat lanjut.

Baca Juga :  Lepas Saat Diturunkan dari Mobil, Sapi Kurban di Gedongan Colomadu Lari dan Nyemplung Sumur. Evakuasi Berlangsung Dramatis!

“Perusahaan sangat proaktif sehingga koordinasi berjalan baik dan upaya antisipasi terus dirembug mengingat terkait lingkungan kost karyawan pabrik berada di kampung warga.
Namun yang pasti tidak ada korban meninggal dunia,” pungkasnya. Beni Indra