JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Elektabilitas PDIP Masih Juara, Demokrat dan PKS Meningkat Signifikan

tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Survei Parameter Politik Indonesia (PPI) menunjukkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih tertinggi elektabilitasnya hingga sekarang.

PDIP tertinggi elektabitasnya dengan 22,1 persen pilihan responden, diikuti Partai Gerindra 11,9 persen, dan Partai Golkar 10,8 persen.

Dibawah ketiga partai tersebut, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera mengalami kenaikkan yang signifikan.

Selain ketiga partai itu, kenaikan signifikan didapatkan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Demokrat menempati peringkat empat dengan 8,4 persen.

“Meningkatnya elektabilitas partai Demokrat disinyalir akibat hingar bingarnya perseteruan dengan Moeldoko beberapa waktu lalu,” kata Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno, Sabtu, (5/6/2021).

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Sedangkan PKS ada di posisi enam dengan 7,5 persen. Adi mengatakan kenaikan PKS ini didapatkan dari insentif elektabilitas akibat pembelaan terhadap kelompok Islam yang dinilai dimarjinalkan.

Hasil sigi juga menunjukan faktor ketokohan masih mendominasi motif memilih partai (22,9 persen). Di antara tokoh partai yang ada, Joko Widodo yang merupakan kader PDIP memiliki pengaruh terbesar (4,2 persen).

Disusul Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (3,2 persen), Majelis Kehormatan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, (1,3 persen), dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (0,5 persen).

Baca Juga :  Yakin Mafia Pemilu Tak Bisa Beli MK, Tim AMIN Optimistis Gugatan Pilpres 2024 Bakal Dikabulkan

“Setelah faktor ketokohan, faktor citra dan emosional juga menjadi penentu arah pilihan partai (18,2 persen). Jika di total kedua faktor ini mendominasi hampir separuh (41,2 persen) motif memilih partai politik,” kata Adi.

Pengambilan data untuk survei ini dilakukan pada tanggal 23-28 Mei 2021. Sampel diambil sebanyak 1.200 responden. Diambil dengan menggunakan metode simple random sampling dari 6.000 nomor ponsel yang sudah dipilih secara acak dari kerangka sampel yang ada dan disesuaikan dengan proporsi populasi serta gender.

Adapun margin of error survei sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com