JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gerak Cepat, Gibran Mulai Vaksinasi Untuk Umum

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Dok


SOLO, JOGLOSENARNEWS.COM – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengebut program vaksinasi. Mulai Senin (21/6/2021), vaksinasi untuk umum dimulai.

Gibran menekankan, dengan percepatan vaksinasi, diharapkan kekebalan imunitas kelompok (herd immunity) dapat tercapai pada Agustus 2021. Selain itu, vaksinasi dilakukan sebagai antisipasi kepungan zona merah di sekitar Kota Solo.

“Hari ini kita mulai untuk yang usia 18 tahun ke atas. Pendataan dilakukan per kelurahan. Dan ternyata peminatnya banyak sekali,” ujarnya, Senin (21/6/2021).

Vaksinasi umum untuk usia 18 tahun ke atas dimulai di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon dan Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan. Dalam waktu yang sama, vaksinasi untuk lansia, TNI/Polri di Kota Solo juga tetap berjalan.

Baca Juga :  2 Provokator Ditangkap, Aksi Demo Serentak 24 Juli di Jateng Terdeteksi Incar 5 Daerah. Salah Satunya Solo dan Sukoharjo

“Untuk vaksinasi umum 18 tahun ke atas, nanti saya siapkan 1.000 dosis vaksin dulu per kelurahan. Jadi 1.000 dosis vaksin untuk 54 kelurahan di Solo,” imbuh Gibran.

Khusus untuk vaksinasi umum 18 tahun ke atas, lokasi vaksinasi tidak harus di kantor kelurahan. Hal itu diaesuaikan dengan kemampuan mobilitas warga.

“Seperti yang di Danukusuman, kota arahkan ke RS PKU. Kalau anak muda jauh sedikit Ndak papa. Namun kalau lansia, kita dekatkan. Misalnya di kantor kelurahan, atau pakai mobil vaksin. Target kita terbentuk herd immunity Agustus nanti,” terang Gibran. Prihatsari