JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Bukan hanya sudah muncul di Kudus sebagaimana disinyalir sebelumnya. Namun, Covid-19 varian delta telah merambah sebagai transmisi lokal di wilayah tersebut.

Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini.

Penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) rujukan dari Balitbangkes itu dilakukan menyusul terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah setelah libur Idul Fitri.

UGM ditunjuk karena lokasinya dekat dengan Kudus dan memiliki kapasitas untuk melakukan uji WGS.

Advertisement

“Dari 70 spesimen yang diuji, 37 sampel dikirim ke UGM sementara sisanya dikirim ke Salatiga. Dari total 37 sampel, 34 sampel telah keluar hasilnya dan yang tidak keluar hasilnya ada 3,” ujar Ketua Tim Peneliti WGS SARS-CoV-2, FK-KMK UGM, Gunadi seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga :  Gus Ipul: Terpilihnya Ganjar Jadi Ketua umum Indonesiapersada.id, Merupakan Momen Konsolidasi Radio Milik Pemda

Dalam penelitian tersebut ditemukan 28 dari 34 atau sekitar 82 persen merupakan varian Delta (B.1.617) dari Covid-19.

“Varian Delta ini terbukti meningkat setelah adanya transmisi antarmanusia. Dan sudah terbukti di populasi di India dan di Kudus. Hal tersebut juga memperkuat hipotesis para peneliti bahwa peningkatan kasus di Kudus tersebut adalah karena adanya varian Delta,” ujar Gunadi.

Baca Juga :  Menko Airlangga Minta Masyarakat Jangan Euforia Meski Tren Kasus Covid-19 Menurun

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti FK-KMK UGM itu dilakukan selama satu minggu dengan metode berupa penerimaan viral transfer material (VTM) yang diekstraksi secepatnya oleh tim untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, khususnya dalam mengetahui sejauh mana varian Delta bertransmisi di Kudus.

Menurut Gunadi, faktor utama yang menyebabkan terjadinya lonjakan kasus karena adanya interaksi sosial yang masif dan pelanggaran protokol kesehatan saat libur Idul Fitri.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua