JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mantan Kapolres Sragen Peraih Penghargaan Kapolri Kombes Pol Arif Budiman Dipercaya Jabat Kapolresta Cirebon

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman saat mendampingi Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono (kiri) saat berkunjung di Sragen beberapa waktu lalu. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi besar-besaran di jajaran tubuh Polri. Tercatat ada 348 perwira tinggi (Pati) dan perwira pamen (Pamen) yang dimutasi dan promosi bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila hari ini Selasa (1/7/2021).

Dari ratusan nama, ada salah satu yang menyita perhatian yakni Kombes Pol Arif Budiman. Mantan peraih penghargaan Kapolri sebagai penyidik Tipikor terbaik tahun 2017 itu mendapat promosi tugas baru sebagai Kapolresta Cirebon.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) nomor ST/1129/VI/KEP./2021 tanggal (1/6/2021).

Surat itu ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan adanya mutasi tersebut. Ia menyampaikan mutasi ini hanya penyegaran struktur organisasi di institusi Polri biasa.

“Iya, mutasi biasa,” kata Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Dalam surat telegram itu, personel yang dapat mutasi dimulai dari perwira tinggi berpangkat Irjen hingga perwira menengah berpangkat AKBP.

Adapun rotasi jabatan tersebut dimulai dari person di tingkat Polres, Polda hingga Mabes Polri.

Baca Juga :  Jelang Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Megawati dan ย Rizieq Shihab Sama-sama Ajukan Amicus Curiae

Nantinya, mereka masing-masing akan mendapatkan tugas dan jabatan baru.

Salah satu namanya adalah Koorsahli Kapolri Irjen Martuani Sormin yang dimutasikan ke Pati Sahli Kapolri.

Mutasi tersebut dalam rangka masa pensiun. Nantinya, jabatan Koorsahli akan diisi oleh Martuani akan digantikan oleh Irjen Teguh Sarwono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bengkulu.

Berikutnya, Kapolda Bengkulu yang ditinggal oleh Irjen Teguh akan diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto yang sebelumnya menjabat Kapuslitbang Polri.

Di pangkat Brigjen, nama Wakapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Asby Mahyuza akan dimutasi menjadi Karotekkom DIV TIK Polri.

Lalu, jabatan Wakapolda NTB bakal diisi oleh Brigjen Ruslan Aspan yang sebelumnya Karojianbang Lemdiklat Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Wardoyo

Sedangkan personel yang dimutasi di pangkat Kombes, satu di antaranya adalah Kombes Pol Arif Budiman yang sebelumnya menjabat Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri akan menjabat sebagai Kapolresta Cirebon.

Selain itu, Kombes Adi Ferdian Saputra yang akan menggantikan Kombes Hengki sebagai Kabidkum Polda Metro Jaya.

Berikutnya, ada Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudusy yang akan menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Tengah. Iqbal menggantikan Kombes Iskandar Fitriana Sutisna.

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asyโ€™ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

Kombes Pol Arif Budiman

Dari ratusan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) dari berbagai jajaran kepolisian di Indonesia yang dirotasi, satu di antaranya cukup menyita perhatian.

Nama AKBP Arif mencuri perhatian karena sepakterjangnya yang pernah mencatatkan prestasi mengesankan.

Saat menjabat sebagai Kasubdit 3 Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Kepulauan Riau (Kepri) 2017 ia pernah meraih penghargaan sebagai penyidik pengungkap kasus Tipikor terbaik dari Kapolri.

Ilustrasi Kapolres AKBP Arif Budiman saat memberikan kultum di Masjid Raya Al Falah Sragen, Senin (28/5/2018). Foto/Wardoyo

Penghargaan itu pula yang mengantar AKBP Arif kemudian mendapat promosi menjabat Kapolres Sragen 2017-2018 untuk kali pertama sebagai Kapolres.

Selanjutnya, ia berturut-turut mendapat tugas baru sebagai Kapolres Jeparq, Wakapolresta Cirebon, dan terakhir mengemban tugas sebagai dosen utama di STIK Lemdikat Polri.

Sebelum kemudian meraih gelar Kombes dan kini dipercaya memegang amanah sebagai Kapolresta Cirebon.

Saat dikonfirmasi, Kombes Arif Budiman membenarkan dirinya mendapat tugas baru sebagai Kapolresta Cirebon. Ia mengaku bersyukur dan berharap bisa mengemban amanah itu dengan sebaik-baiknya.

“Mohon doa pengestunya, semoga berkah, barokah manfaat. Senantiasa menjadi ladang amal ibadah dalam menjalankan amanah,” ujarnya Senin (1/6/2021) malam. (Wardoyo/Tribunnews)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com