JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Masih Keturunan Mangkunegaran, Airlangga Hartarto Menyempatkan Diri Ziarah ke Astana Oetara, Nayu, Solo

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto tengah ziarah di makam eyangnya di Astana Oetara, Nayu, Solo, Jumat (18/6/2021) / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Dalam rangkaian kunjungannya ke Kota Bengawan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyempatkan diri untuk berziarah ke kompleks pemakaman Astna Oetara, Nayu, Surakarta, Jumat (18//6/2021).

Kunjungan ke Astana Oetara, Nayu tersebut, otomatis menunjukkan siapa sebenarnya trah dari Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Setidaknya, dapat ditebak, bahwa Airlangga Hartarto masih ada keturunan dari trah Mangkunegaran, Solo.

Sebagaimana diketahui, Astana Oetara adalah komplek pemakaman bagi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI beserta dengan keluarga, kerabat dan para abdi dalemnya.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

Jika dirunut dari silsilahnya, eyang dari Airlangga Hartarto yang bernama R Sastro Sunarto bin RM Ng Mangoen Bisono dan istrinya, RM Ngt Soeparti Soenarto binti R Ng Parto Waidjojo Hardjowoewito dimakamkan di kompleks pemakaman bagian depan.

“Itu tadi ayahnya bapak saya. Jadi Eyang Kakung dan Eyang Putri,” ujar Airlangga singkat, sebelum meninggalkan kompleks pemakaman.

Menurut keterangan dari juru kunci Astana Oetara, RM Haryanto, semua yang dimakamkan di Astana harus ada kaitannya dengan Mangkunegara VI. Sementara, R Sastro Sunarto adalah salah satu pejabat di era Mangkunegara VI.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

“Dulu eyangnya Pak Airlangga adalah Jaksanya Mangkunegara VI, dan juga ada keturunan trah dari Mangkunegara II,” ujar Haryanto.

Menurut Haryanto, selain eyangnya yang dimakamkan di sana, ada sejumlah anggota keluarga lain seperti bulik (tante) dan bude dari Airlangga Hartarto yang juga dimakamkan di Astana Oetara tersebut.

Selepas melakukan ziarah dan salat Jumat, Airlangga menghadiri pertemuan dengan perwakilan alumni program Kartu Prakerja di Hotel Alila. Selain itu ia juga menjadi pembicara dalam acara Webinar bersama Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret (UNS). Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com