JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Operasi Yustisi Tanpa Masker di Manahan, 1 Orang Positif Covid!

Operasi yustisi warga tanpa masker digelar di Plasa Stadion Manahan, Jumat (18/6/2021) pagi. Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Operasi yustisi warga tanpa masker digelar di Plasa Stadion Manahan, Jumat (18/6/2021) pagi.

Hasilnya, sebanyak 43 warga pelanggar protokol kesehatan (prokes) terjaring operasi yang digelar tim gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP Kota Solo.

Mereka menjalani swab antigen dan satu orang dinyatakan positif Covid-19.

“Dengan meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah, kami menjaga kondisi di Kota Solo dengan melakukan pencegahan agar tidak terjadi penambahan kasus,” kata Kasubbag Dalops Polresta Solo AKP Dalyanto mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan.

Dikatakan, pihaknya menyiapkan swab untuk 1.000 pelanggar prokes. Dan dari kegiatan yang digelar mulai sekitar pukul 09.00 WIB tercatat ada 43 pelanggar prokes yang terjaring.

Baca Juga :  Diduga Hasil Kejahatan, Belasan Motor dan 3 Mobil Diamankan Satreskrim Polresta Solo

Dari jumlah tersebut, setelah dilakukan swab diketahui satu orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan langsung dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Yang positif, langsung dirujuk ke Donohudan, sesuai dengan Perwali, kita dorong ke donohudan untuk dirawat di sana,” jelasnya.

Sebagai bentuk pencegahan dan pengetatan terhadap penerapan prokes maka operasi yustisi akan digelar secara rutin.

“Operasi yustisi akan digelar secara rutin. Digelar, baik pagi hari sore maupun malam, supaya Solo tetap menekan Covid, tidak ada klaster baru,” ucapnya.

Terkait sanksi bagi pelanggar prokes, Dalyanto mengatakan, mereka diminta untuk melakukan kerja sosial. Ini untuk memberikan pelajaran bagi masyarakat yang melanggar agar tidak mengulanginya.

“Selain diswab, pelanggar prokes juga dikenai sanksi sosial,” katanya.

Sementara itu, dalam operasi yang digelar melibatkan sedikitnya 40 personel dari Polresta, 6 dari TNI, 40 dari Satpol PP dan juga dari instansi terkait lainnya. Prabowo