JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengapa di Rumah Terus Kok Masih Bisa Terpapar Covid-19? Ini Kemungkinan Sebabnya

Ilustrasi / pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Salah satu cara menghindari dampak paparan Covid-19 ialah dengan tidak sering bepergian dan lebih mengutamakan untuk tinggal atau beraktivitas  di rumah saja.

Akan tetapi, sering ditemui kasus seseorang jarang bepergian ke luar rumah, tapi saat dilakukan swab, ternyata hasilnya positif.

Hal itu mungkin saja terjadi apabila tidak sengaja melakukan kontak dengan pasien positif saat di dalam atau sekitar rumah.

Mungkin saat menerima tamu, saat anak tetangga main ke rumah, atau bahkan terpapar dari asisten rumah tangga (ART) di rumahnya.

Relawan @kawalcovid19.id, hari ini, Kamis (15/7/2021) melalui instagram membagikan tips menghindari covid yang dapat diterapkan bagi yang masih di rumah saja.

Tips pertama, usahakan hindari menerima tamu di dalam rumah. Berada di ruang tertutup bersama orang lain yang bukan keluarga serumah, tentu dapat menjadi salah satu faktor seseorang tertular covid-19.

Tindakan preventif yang disarankan ialah terima tamu di luar rumah dengan masih menjaga jarak. Kemudian tuan rumah dan tamu harus mengenakan masker ganda.

Jika harus menerima tamu di dalam rumah, maka pastikan ventilasi terbuka. Tidak perlu memberikan jamuan makan minum karena akan membuat tamu mencopot masker yang memungkinkan terjadinya penularan. Lalu batasi durasi kunjungan.

Baca Juga :  Trauma Mendengar Bunyi Sirine? Berarti Anda Menderita Fonofobia

Kedua, saat sedang berolahraga dengan orang lain, sebaiknya berolahraga di tempat terbuka. Kemudian, jika terpaksa berolahraga di dalam ruangan, maka gunakan masker ganda dan kurangi berbicara dengan orang lain. Lalu, jangan adakan acara makan/minum bersama setelah berolahraga.

Ketiga, apabila keluarga mempekerjakan ART, sebaiknya dipertimbangkan lagi. Karena mobilitas ART pulang pergi membuatnya berisiko tinggi.

Jika ART menetap di rumah, maka sering cek suhu dan pantau kondisi setiap hari, serta wajibkan untuk mengenakan masker. Kemudian apabila di rumah terdapat lansia dan anak-anak, hindari interaksi intens dengan ART yang tidak menetap di rumah.

Keempat, jika beribadah di rumah bersama orang yang tidak serumah, maka tindakan preventifnya yaitu batasi jumlah orang yang hadir, wajib mengenakan masker, membawa peralatan ibadah masing-masing, serta pastikan ventilasi terbuka.

Kelima, jika sedang berbelanja di tukang sayur, walau tukang sayurnya datang ke depan rumah, kita harus tetap mengenakan masker ganda dan rajin cuci tangan. Kemudian jika berbelanja di toko, maka hindari jam toko ramai dan siapkan daftar belanja agar mempersingkat waktu.

Keenam, apabila anak-anak bermain dengan tetangga, wajibkan mereka mengenakan masker. Kemudian pastikan mereka tidak makan minum selama bermain dan batasi waktu bermain.

Baca Juga :  Tempe Kaya Gizi, Bagaimana Cara Memasaknya yang Disarankan?

Terakhir, jika sering memesan barang atau makanan secara online, maka saat mengambil pesanan ke kurir harus mengenakan masker karena kurir sudah melakukan kontak dengan banyak orang.

Kemudian paket pesanan harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dibawa ke dalam rumah dan langsung pindahkan kiriman makanan ke wadah lain yang sudah bersih.

Kasus covid-19 masih tinggi, penularan semakin mudah, serta rumah sakit sudah mulai penuh. Jangan lupa jaga kesehatan, konsumsi vitamin yang cukup, serta mulai pakai masker ganda. Elysa Indriyani