JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger Baliho Kades Jenar Sragen Maki-Maki Pemerintah dan Sebut Masih Enak Jaman PKI, Bupati Mengaku Sangat-Sangat Menyayangkan. Ini Tindakan yang Diambil Pemkab!

Kades Jenar, Samto di baliho berisi kritikan dan hujatan ke pemerintah terkait pelaksanaan PPKM darurat yang dianggap menyusahkan rakyat. Foto/Istimewa
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku sangat menyayangkan tindakan Kades Jenar, Samto yang memasang baliho berisi hujatan ke pemerintah dengan kalimat tak pantas.

Baliho dengan kalimat kasar memprotes kebijakan PPKM Darurat yang viral itu dinilai tidak pantas dilakukan oleh seorang pamong desa atau aparat pemerintahan.

“Sebagai Bupati ya menyayangkan, jelas itu tidak dibenarkan. Sangat-sangat menyayangkan kalau ada aparat bertindak seperti itu,” paparnya kepada wartawan, Kamis (15/7/2021).

Bupati menyampaikan sudah menginstruksikan Inspektorat melakukan pemeriksaan kepada Kades.

Pemeriksaan juga dimungkinkan mencakup terkait kondisi mental dan kejiwaan yang bersangkutan.

Meski demikian, terlepas dari nantinya perlu pemeriksaan mental, Yuni menyebut tindakan Kades itu tetap bisa bisa dibenarkan.

Menurutnya, seusai kejadian Muspika sudah melakukan gerak cepat dengan menurunkan baliho. Kemudian camat sebagai representasi Pemkab di wilayah bersama Kesbangpol sudah mengklarifikasi Kades dan Kades pun mengakui.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Namun Yuni menyebut saat ini kondisi Kades itu memang sedang tidak sehat secara fisik. Hal itu juga akan ditindaklanjuti oleh Inspektorat.

“Kita tunggu saja apa hasil dari Inspektorat dan rekomendasinya nanti ditangani Inspektorat,. Saya pikir Inspektorat tidak akan lama-lama wong wis cetho welo-welo seperti itu,” terangnya.

Ia berharap kasus Kades Jenar itu bisa menjadi pembelajaran bagi semua. Kepada semua kades ia meminta bisa menjadi pamong desa yang baik.

“Tidak seperti itu (Kades Jenar),” tandasnya.

Sebelumnya, warga digegerkan dengan kemunculan baliho di Lapangan Jenar yang diduga dipasang Kades. Baliho raksasa itu terpasang di tepi lapangan menghadap ke jalan, Rabu (14/7/2021). Baliho itu dipasang di dekat gapura pintu masuk jalan desa.

Baca Juga :  Dagang Ciu di Bulan Ramadhan, Warga Sambungmacan, Sragen Dirazia Polisi, 3 Botol Miras Disita

Baliho itu bergambar sang Kades lengkap dengan seragam kekinya dan emblem nama di dada sebelah kanan. Baliho berukuran cukup besar sehingga langsung menyita perhatian warga yang melintas.

Sang kades berpose mengenakan masker namun bukan dipasang menutup mulut dan hidung tapi justru dinaikkan menutup dahi.

Di baliho itu tertulis kalimat provokatif dengan ukuran huruf cukup besar dan mencolok. Kalimatnya berbunyi:

Iki Jaman Revormasi
Isih Kepenak Jaman PKI
Ayo Pejabat Mikir nasibe Rakyat
Pejabat seng seneng nguber uber rakyat
Kui Bangs*t
Pegawai Seng Goleki Wong Duwe Gawe
Iku Kere
Pejabat Sing Sio Karo Seniman Seniwati
Kuwi Bajing*n”.

Tak pelak kemunculan baliho itu langsung viral di media sosial. Baliho itu langsung diturunkan sore kemarin oleh tim Satgas Covid-19 dan Muspika Jenar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com