JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jaga Kebersihan Hidung Sangat Penting Selama Pandemi Covid-19, Ini yang Harus Dilakukan

Ilustrasi anak mencuci hidung / pixabay
ย ย ย 

DENPASAR, JOGLOSEMARNEWS – Hidung merupakan salah satu jalur masuknya zat-zat ke dalam tubuh manusia. Untuk itu, perlu adanya tindakan pencegahan yang harus diperhatikan. Terlebih lagi, selama Pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai saat ini.

Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan Wiriadi Putra dengan tegas menyatakan bahwa mencuci hidung merupakan tindakan pencegahan dan menjaga kebersihan hidung.

Tidak ada ada pengaruhnya dengan tindakan mengubah hasil tes pemeriksaan Covid-19 dari positif menjadi negatif.

“Mencuci hidung bersifat preventif atau pencegahan. Bukan solusi cepat mengubah hasil tes,โ€ kata dokter yang berpraktik di RS Kasih Ibu, Bali, sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Wiriadi menjelaskan bahwa hidung memiliki peran yang sangat penting dalam pertahanan tubuh manusia.

Hidung yang sehat sangat mempengaruhi kesehatan paru. Di dalam hidung yang sehat terdapat rambut-rambut halus yang memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Di dalam palut lendir terdapat zat bernama mukus. Mukus bersifat lengket dan memiliki kegunaan untuk menangkap kotoran serta virus dan bakteri.

Saat kondisi tubuh normal, seluruh struktur dalam hidung akan secara otomatis berfungsi dengan aktif untuk menjaga pertahanan tubuh.

Sebaliknya ketika sakit, struktur dalam hidung tidak akan berjalan secara penuh sebagaimana mestinya. Hal inilah yang memberikan kesempatan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu, diperlukan tindakan pencegahan guna menjaga kebersihan hidung selama Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah dengan rutin mencuci hidung.

Aktivitas ini tidak hanya dilakukan ketika sakit saja, akan tetapi ketika keadaan normal pun dapat dilakukan di rumah.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Bahan dan alat yang perlukan untuk mencuci hidung cukuplah mudah, yaitu larutan garam atau normaseline atau infus NaCl 0.9%,ย  nasal spot atau spite 10cc yang sudah dibuang jarumnya, dan tempat untuk menampung bekas air cuci hidung.

Selanjutnya, cara mencuci hidung didahului dengan mencuci tangan sesuai dengan anjuran dari World Health Organization (WHO).

Kemudian buka mulut, tahan nafas, lalu alirkan salah satu spite ke dalam lubang hidung. Pastikan posisi kepala miring sehingga salah satu lubang hidung menghadap ke bawah. Air akan keluar melalui lubang hidung tersebut.

Demikian cara mencuci hidung yang dapat dilakukan secara rutin di rumah. Aktivitas mencuci hidung ini sangat cocok bagi orang-orang yang selalu menerapkan pola hidup mencegah daripada mengobati. Hanifah Yulia Putri S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com