JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kebakaran Ruko Timur Pasar Purwantoro Wonogiri Kerugian Mencapai 500 Juta, Ruko Menjual Peralatan Rumah Tangga dan Plastik, Diduga ini Pemicunya

Personil damkar berupaya memadamkan api yang menghanguskan ruko di timur Pasar Purwantoro Wonogiri. Dok. Damkar Wonogiri


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hebat melanda sebuah rumah toko (ruko) di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Selasa (13/7/2021). Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, kerugian akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai setengah miliar.

Peristiwa tersebut menimpa ruko milik Engkus Kusnadi. Lokasinya di timur Pasar Purwantoro, masuk Desa Bangsri RT 1 RW 5 Kecamatan Purwantoro, Wonogiri.

Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo melalui Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Wonogiri Joko Santosa mengatakan kebakaran diketahui sekitar pukul 08.30 WIB. Sepuluh menit berselang, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran dari warga.

Setelah mendapatkan laporan tim langsung meluncur ke lokasi kebakaran. Sampai lokasi sekitar pukul 09.30 dan langsung melakukan pemadaman.

Upaya pemadaman dibantu oleh masyarakat dan TNI/Polri. Selain itu, ada dua unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi itu. Upaya pemadaman dan juga pendinginan berlangsung hingga pukul 11.30.

Baca Juga :  Walah, 46 Tenaga Kesehatan di RSUD Wonogiri Positif COVID-19, Semuanya Dimasukkan Grup Khusus

“Kami kirimkan satu unit mobil pemadam kebakaran bersama lima personil. Ada bantuan satu unit mobil dan sejumlah personil dari pemadam kebakaran Ponorogo,” jelas dia.

Kuat dugaan, kebakaran itu dipicu terjadinya konsleting listrik. Akibatnya, sebagian barang dagangan di ruko itu juga ludes dilalap api. Barang yang dijual di ruko itu alat-alat perlengkapan rumah tangga dan juga plastik

“Kerugian diperkirakan sekitar Rp 500 juta. Tidak ada korban,” ujar Joko.

Pihaknya mengimbau masyarakat rutin melakukan pengecekan instalasi listrik.
Kalau sudah 10 sampai 15 tahun, kabel bisa diganti yang baru dan kualitasnya bagus. Aris