JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terbakar, Toko Raehan di Wates Wetan Desa Bangsri Timur Pasar Kecamatan Purwantoro Wonogiri, Api Berasal dari Lantai 2. Begini Kronologinya

Warga berupaya memadamkan api yang menghanguskan toko Raehan di area pertokoan timur Pasar Purwantoro Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Toko atau ruko Raehan di area pertokoan timur Pasar Purwantoro Wonogiri terbakar, Selasa (13/7/2021). Kebakaran kali pertama diketahui karyawan toko.

Toko yang menjual aneka peralatan rumah tangga dan plastik itu terbakar pada lantai 2. Lokasi toko ada di Dusun Wates Wetan RT 1 RW 5 Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri.

Paur Subag Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono mengatakan, toko Raehan merupakan kepunyaan Engkus Kusnadi (41), warga setempat. Peristiwa diketahui kali pertama oleh karyawan toko.

Kronologinya, ketika karyawan toko tengah memasak di dapur lantai 1 mendengar suara gemelotak dari lantai 2. Selanjutnya mengecek asal suara. Ternyata saat menaiki tangga, terlihat asap dari lantai 2 dan ada api yang menyala dan menjalar di tumpukan barang yang terbuat dari plastik.

Saksi kemudian berteriak sambil turun ke lantai 1. Pemilik toko lantas keluar meminta bantuan warga sekitar.

“Warga berupaya memadamkan api menggunakan tabung pemadam kebakaran. Namun karena api terlalu besar, upaya itu tidak berhasil. Beruntung api kemudian dapat dipadamkan oleh Petugas Damkar dari Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Ponorogo, Jatim,” jelas dia.

Baca Juga :  Waduh, 695 Pelamar CPNS Wonogiri Tidak Lolos Seleksi Administrasi Ternyata Gegara Hal ini

Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo melalui Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Wonogiri Joko Santosa mengatakan kebakaran diketahui sekitar pukul 08.30 WIB. Sepuluh menit berselang, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran dari warga.

Setelah mendapatkan laporan tim langsung meluncur ke lokasi kebakaran. Sampai lokasi sekitar pukul 09.30 dan langsung melakukan pemadaman.

Upaya pemadaman dibantu oleh masyarakat dan TNI/Polri. Selain itu, ada dua unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi itu. Upaya pemadaman dan juga pendinginan berlangsung hingga pukul 11.30.

“Kami kirimkan satu unit mobil pemadam kebakaran bersama lima personil. Ada bantuan satu unit mobil dan sejumlah personil dari pemadam kebakaran Ponorogo,” jelas dia.

Kuat dugaan, kebakaran itu dipicu terjadinya konsleting listrik. Akibatnya, sebagian barang dagangan di ruko itu juga ludes dilalap api. Barang yang dijual di ruko itu alat-alat perlengkapan rumah tangga dan juga plastik

Baca Juga :  Tak Ada Lagi Isolasi Mandiri, yang Ada Adalah Isolasi Terpusat atau Terpadu, Tapi di Wonogiri Isoter Dipecah Dalam Beberapa Distrik

“Kerugian diperkirakan sekitar Rp 500 juta. Tidak ada korban,” ujar Joko.

Pihaknya mengimbau masyarakat rutin melakukan pengecekan instalasi listrik.
Kalau sudah 10 sampai 15 tahun, kabel bisa diganti yang baru dan kualitasnya bagus. Aris