JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PPKM Level 4 Berlanjut, Naik KRL Wajib Bawa Surat dan Dilarang Ngobrol atau Menelepon di Dalam Gerbong

twitter


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejak perpanjangan PPKM level 4 secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga 2 Agustus 2021 mendatang, KAI Commuter Line mulai Senin (26/7/2021) mulai melayani penumpang lagi.

Commuter Line beroperasi dengan menjalankan 982 perjalanan KRL per harinya, yang mulai beroperasi mulai pukul 04.00-22.00 WIB.

Yang perlu diperhatikan adalah syarat-syarat yang digunakan untuk menaiki KRL masih sama dengan aturan sebelumnya.

Untuk kesehatan dan keselamatn bersama, KRL hanya melayani pengguna di sektor esensial, sektor kritikal, dan bidang-bidang usaha yang diizinkan buka oleh pemerintah, itupun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Advertisement

Selain itu, masyarakat yang sedang dalam keadaan mendesak, dizinkan menaiki KRL asalkan memiliki alasan yang jelas.

Baca Juga :  Ramai Penolakan Kartu Vaksin, Pemerintah Diminta Tanggapi dengan Bijak

Keperluan mendesak yang dimaksud seperti pasien dengan kondisi sakit keras, ibu hamil yang didampingi maksimal 1 pendamping, kepentingan persalinan didampingi 2 pendamping, dan yang terakhir adalah pengantar jenazah non covid-19 maksimal 5 orang.

Anak-anak usia di bawah 18 tahun dibatasi untuk sementara waktu dalam menaiki KRL.

Surat-surat yang harus dibawa untuk melakukan perjalanan masih sama dengan aturan yang sebelumnya. Penumpang wajib menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan yang dikeluarkan pemerintah daerah setempat.

Untuk pekerja bidang Pemerintah, wajib membawa surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon dua.

Baca Juga :  Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris Jamaah Islamiyah di Bekasi. Digerebek di 3 Lokasi Berbeda

Pelaku perjalanan dengan alasan memiliki kebutuhan mendesak tetap wajib menunjukkan surat keterangan perjalanan antara lain surat rujukan dari Rumah Sakit, surat pengantar dari perangakat daerah setempat dan surat keterangan kematian atau surat keterangan yang lainnya. Surat tersebut wajib ditunjukkan kepada petugas sebelum memasuki rangkaian kereta api listrik.

KRL wilayah Jabodetabek beroperasi mulai pukul 04.00-22.00 dengan 982 perjalanan perharinya. Untuk KRL wilayah Yogya dan Solo mulai operasional pada pukul 05.05-18.30 dengan 20 perjalanan perhari.

Halaman:   1 2 Semua