JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar dan Rasa Tidak Berubah Sampai Setahun

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Idul Adha dirayakan dengan melaksanakan salat Id dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Jenis hewan kurban yang dipotong di Indonesia biasanya sapi atau kambing.

Setelah dipotong, daging kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat di sekitar tempat pemotongan ataupun dibagikan ke daerah yang memerlukan.

Biasanya daging kurban tidak dimasak atau diolah sekaligus, tetapi sebagian besar akan di simpan di lemari es.

Lalu bagaimana cara menyimpan daging kambing atau sapi agar bisa bertahan lama, tetap seggar dan rasanya tidak berubah?

Menurut Chef Stefu Santoso dari Amuz Gourmet Restaurant, Jakarta, daging kambing dapat bertahan tiga bulan atau bahkan bisa sampai dua belas bulan di dalam freezer, selama tidak ada perubahan suhu yang naik dan turun secara drastis.

Perhatikan suhu freezer, jika suhu tetap di -15 atau naik sedikit demi sedikit menjadi -10 derajat celsius, tidak akan mempengaruhi daging. Ketika suhu naik lebih dari itu, akan mengakibatkan kerusakan pada daging.

Selain itu, daging kambing yang disimpan di dalam freezer harus mencapai titik beku dalam satu hari agar tidak mengubah rasa daging. “Kalau satu hari belum beku, misalnya tiga hari baru beku, terjadi proses yang namanya penambahan air masuk ke dalam daging atau crsytal ice-nya jadi besar, nah itu mengakibatkan rasa daging menjadi berkurang karena ada air di dalamnya,” ujar Chef Stefu kepada Tempo Senin, 19 Juli 2021.

Baca Juga :  Persiapan Besok Slur, Resep Sate Kambing Sambel Kecap, Simpel dan Enak

Berlainan dengan freezer, kulkas memiliki suhu lima derajat Celsius sehingga penyimpanan daging kambing di dalam kulkas maksimal tiga hari. Untuk jeroan seperti hati dan ginjal hanya boleh disimpan di dalam kulkas selama satu hingga dua hari. Lebih dari itu, Chef Stefu menyarankan untuk segera mengolahnya atau menyimpannya di dalam freezer.

Melansir laman Healthline, Pedoman Departemen Pertanian AS (USDA) mengatakan menjaga kelembaban udara saat memasukkan daging ke dalam freezer maupun kulkas itu penting. Tidak perlu menggunakan vacuum untuk membekukan daging dengan aman. Namun, menyegel kelembapan tentu membantu menjaga daging tetap segar dan tahan lebih lama saat Anda akhirnya mencairkan dan memasaknya.

Baca Juga :  Ini Resep Steak Empuk dan Mantap untuk Olah Daging Kurban

Cobalah gunakan lapisan bungkus plastik atau foil yang disarankan oleh USDA sebelum memasukkan daging ke dalam freezer. Lapisan ekstra itu akan membantu menjaga kelembapan dan menjaga makanan itu tetap segar. Membekukan daging saat masih segar mungkin juga membantu menjaga rasa dan nutrisi. #tempo