JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

UNS Siapkan 2 Rumah Sehat Gratis untuk Isoman Masyarakat, Ini Fasilitasnya

greencampus.uns.ac.id
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan dua rumah sehat untuk Isolasi Mandiri (Isoman) bagi masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19. Rumah sehat 1 berada di gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS dan rumah sehat 2 di gedung E Asrama Mahasiswa UNS Ngoresan, Jebres, Solo.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, pandemi Covid-19 yang memasuki tahun ke-2 sejak Maret 2020 sampai saat ini belum nampak ada tanda-tanda berakhir. Berbagai cara dan kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah antara lain kampanye memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan memakai sabun dengan sabun, melakukan vaksin dan mengurangi perjalanan serta kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang telah dijalankan mulai tanggal 3 Juli sampai dengan 2 Agustus ini agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

“Banyaknya masyarakat yang terkena Covid-19 sampai saat ini mendorong UNS untuk meningkatkan solidaritas sosial dan berbagi bersama dengan berbagai kegiatan empati sosial yang dilakukan oleh segenap komponen masyarakat. Termasuk kepedulian dunia kampus dalam menanggulangi pandemi Covid-19,” terangnya, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Prof Jamal menambahkan, UNS tidak tinggal diam, sejak awal pandemi, Maret tahun lalu sudah menggalang aksi sosial dari para dosen dan tenaga kependidikan yang rela menyisihkan uang remunerasi/ tunjangan dosen/ tunjangan guru besar/ uang makan dan lain-lain hampir Rp 1 Milliar untuk digunakan para mahasiswa, karyawan UNS dan masyarakat sekitar kampus yang terdampak pandemi Covid-19.

Periode selanjutnya gerakan solidaritas sosial dan tolerensi UNS menghadapi Covid-19 ini diteruskan sampai saat ini dengan pengumpulan donasi UNS Peduli Covid-19 dan dengan mempertimbangkan makin meningkatnya Covid-19 ini.

“Jadi UNS menginisiasi gerakan rumah sehat 1 di Gedung Merc di komplek RS UNS dan rumah sehat 2 di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS Ngoresan, Jebres, Surakarta,” imbuhnya.

Rumah sehat 1 ini diperuntukan untuk isolasi mandiri yang sudah dioperasionalkan sejak akhir Januari 2021 berkapasitas 180 tempat tidur dengan fasilitas makan 3 kali, vitamin, wifi, area berjemur, kamar mandi, mesin cuci dan lain-lain serta didampingi pihak RS UNS dan para psikolog.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Pelayanan pada rumah sehat 2 untuk isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UNS menyediakan 114 kamar dimana 10 kamar ber AC, 228 tempat tidur, 2 kamar mandi/kamar dan mendapat fasilitas makan 3 kali, multi vitamin, wifi, TV, sarana olah raga, area berjemur, lapangan yang luas, taman dan alat memasak.

Semua sarana dan prasarana baik di rumah sehat 1 dan rumah sehat 2 untuk aktifitas isolasi mandiri untuk mahasiswa atau karyawan UNS ataupun masyarakat Sukoharjo dan masyarakat sekitar kampus Kentingan.

“Pemanfaatan rumah sehat 1 dan 2 UNS untuk isolasi mandiri bagi para penderita Covid-19 tersebut semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis sebagai bentuk solidaritas sosial,” ujar Prof. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com