JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

18 Petani Sragen Tewas, Dinas Pertanian Minta Segera Lepas Perangkat Setrum Jebakan Tikus. Sebut Serangan Sudah Merata di Semua Wilayah

Ilustrasi petani tewas kesetrum jebakan tikus di Sragen. Foto/Wardoyo


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Sragen mendeteksi serangan hama tikus saat ini memang masih merajalela di Sragen. Saat ini serangan tikus hampir merata di semua wilayah di Kabupaten Sragen.

Para petani pun diminta segera menghentikan pemakaian perangkat jebakan tikus beraliran listrik. Pasalnya hal itu sangat membahayakan bagi keselamatan petani dan orang lain.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Sragen, Ekarini Mumpuni Titi Lestari. Ia mengatakan sebenarnya dari dulu sudah membuat surat edaran.

Baca Juga :  Buntut Kebakaran Tewaskan 48 Napi, Lapas Sragen Langsung Kumpulkan Semua Petugas, Dibekali Teknik Pemadaman!

Tidak hanya SK Bupati, SK dari Gubernur juga sudah ada edaran bahwa dilarang menggunakan jebakan tikus dengan aliran listrik.

Advertisement

“Dari dulu sebenarnya sudah ada edaran. Edaran dari Pak Gubernur juga, ada edaran dari Pemkab juga bahwa dilarang mengunakan jebakan tikus aliran listrik,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (2/8/2021).

Ekarini mengklaim selama ini pihaknya sudah menyosialisasikan agar melakukan gerakan gropyokan serentak. Menurutnya langkah itu paling efektif untuk menekan hama tikus.

Baca Juga :  Di Balik Kecelakaan Maut Adu Banteng di Gesi, Pemotor Tewas Kepala Pecah Usai Gasak Truk. Warga Padati Lokasi Kejadian

Kemudian pemberantasan serentak itu juga diharapkan selalu disampaikan kepada petani.

Dinas menyediakan obat-obatan pembasmi hama tikus dan masyarakat yang membutuhkan diminta menghubungi ke dinas.

“Dinas juga siap obat-obatnya. Bagi yang ada hama kita siap untuk mensupport,” terangnya.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua