JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

2 Harimau Sumatera di Ragunan Positif Covid-19, Seluruh Karyawan Ditracing

ilustrasi harimau Sumatera / pixabay


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Virus Covid-19 ternyata tidak hanya menjangkiti manusia saja. Terbukti, dua ekor harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Bersamaan dengan itu, seluruh karyawan di Taman Margasatwa Ragunan berikut para perawat menjalani tracing untuk memastikan apakah terjadi penularan dari hewan ke manusia.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan petugas kebun binatang mengamati dua ekor harimau bernama Tino dan Hari itu tampak sakit pada awal Juli 2021.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Paradigma Pembangunan Ekonomi Perlu Diubah

“Awalnya pada 9 Juli 2021, Tino yang berusia sembilan tahun sakit dengan gejala sesak napas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan penurunan nafsu makan,” kata Suzi dalam keterangan tertulis, Minggu (1/8/2021).

Advertisement

Selang dua hari kemudian, kondisi kesehatan Hari yang berusia 12 tahun, juga mengalami penurunan dengan gejala klinis yang sama seperti Tino.

Baca Juga :  Terlibat Jaringan Teroris, Karyawan PT Kimia Farma Bakal Dipecat. Digerebek Densus 88 di Bekasi, Masuk Aliran JI

Pada 14 Juli 2021, petugas mengambil sampel lendir dengan metode swab dari Tino dan Hari. Sampel itu dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, Institut Pertanian atau IPB di Bogor. Hasilnya keluar sehari kemudian yang menunjukkan Tino dan Hari positif Covid-19.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua