JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hapus Tes Keperawanan, Kasad Andika Perkasa Sebut Untuk Hindari Insiden Menghilangkan Nyawa dan Cegah Infeksi!

Tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan institusinya sudah menghapus aturan tes keperawanan dalam proses rekrutmen.

Penghapusan itu dinilai merupakan bagian dari penyempurnaan proses rekrutmen personel TNI AD, khususnya di bidang kesehatan.

“Tujuannya lebih ke bagaimana, untuk kesehatan, satu menghindari satu insiden yang menghilangkan nyawa. Jangan sampai dia mengalami insiden saat sedang menjalani latihan,” ucap KSAD Andika soal penghapusan tes keperawanan Rabu, 11 Agustus 2021.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Alasan lain adalah untuk menghindari penularan penyakit, serta infeksi serius yang kemudian menyebabkan kegagalan organ saat latihan.

Saat ini, TNI AD tidak ada lagi melakukan pemeriksaan vagina dan serviks.

“Tapi pemeriksaan genitalia luar tetap ada, tapi tadi tanpa melibatkan inspeksi secara khusus ke servik dan vagina,” kata Andika.

Selain itu, pemeriksaan lain yang ikut dihilangkan adalah pemeriksaan selaput dara.

Selain itu, aturan yang diubah adalah soal buta warna. TNI kini menggunakan dua alat ukur. Yang semula hanya menggunakan tes ishihara saja, kini turut melibatkan tes hardy-rand-rittler atau HRR.

Baca Juga :  Pengamat: Manuver NasDem Fokus untuk Selamatkan Partai, PKB tinggal Tunggu Waktu

“Jadi menggunakan dua tes agar lebih teliti. Sehingga yang benar enggak bisa, sudah tidak bisa,” kata Andika.

Kemudian yang diperbaiki juga adalah aturan tentang tulang belakang dan jantung calon personel.

Untuk aturan tulang belakang, yang semula kemiringan hanya boleh sampai lima derajat diberikan toleransi hingga 20 derajat. Sedangkan jantung, proses pemeriksaan akan dilakukan lebih dari satu kali.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com