JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menkes: PPKM Darurat Jawa-Bali Turunkan Kasus Harian Covid-19 Sebesar 60 Persen

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden via Tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa-Bali selama 13 hari, ternyata sudah menunjukkan hasil positif.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kini Pulau Jawa dan Bali sudah melalui puncak kasus Covid-19.

Menurut Menkes, puncak kasus terjadi setelah pemberlakuan PPKM darurat. Setelah itu, angka kasus Covid-19 harian mulai menunjukkan penurunan.

Dalam paparannya, Budi menyampaikan bahwa kasus harian di Jawa dan Bali menurun sebanyak 60 persen dalam kurun 15 Juli hingga 1 Agustus 2021.

Baca Juga :  PKS Setuju Siapapun Pendamping Anies, Sekalipun dari Luar Koalisi

“Sejak PPKM darurat dimulai, dalam 13 hari alhamdulillah kita sudah kena di puncak dan kita sudah mulai melihat laju penurunannya,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Di sisi lain, kata Budi, angka kasus di luar pulau-pulau lain mengalami kenaikan. Dia mengatakan pemerintah akan menangani peningkatan kasus Covid-19 di luar Jawa dengan cepat.

Baca Juga :  Pengamat: Banyak Parpol Dukung Kaesang Karena Melihat Sosok Jokowi

Menurut Budi, pemerintah tinggal mereplikasi saja langkah-langkah intervensi yang dilakukan di Jawa dan Bali. Salah satunya dengan memperkuat pengetesan, pelacakan, dan isolasi.

Budi mengakui rendahnya angka testing dan tracing akan berdampak pada terlambatnya penanganan kasus dan tingginya angka kematian.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com