JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar Aksi Tipu-tipu untuk Mendapatkan BPUM Maupun Bantuan Tunai Pemerintah, Ada Produk yang Sama Namun Digunakan Beberapa Pemohon

Uang tunai
Ilustrasi uang tunai. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bantuan dari pemerintah dalam masa pandemi COVID-19 memang menggiurkan. Terlebih bantuan yang bersifat tunai dan langsung ditransfer ke rekening penerima, dijamin auto banyak masyarakat yang meminatinya.

Ini terbukti dari antrian panjang di sejumlah bank untuk pengurusan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM). Masyarakat sampai rela berkerumun untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Tentu saja bantuan seperti BPUM tidak diberikan secara acak bagi semua masyarakat. Melainkan ada sejumlah syarat harus dipenuhi terlebih dahulu, salah satunya soal usaha atau bisnis yang dijalani pemohon.

Baca Juga :  Bos Pinjol Ilegal Peneror IRT yang Gantung Diri di Selomarto Giriwoyo Wonogiri Ditangkap, Ternyata WNA Cina

Sayangnya, ada saja pemohon yang nakal. Maksudnya mengajukan permohonan bantuan dengan syarat fiktif alias dibuat-buat lantaran sesungguhnya tidak ada.

Advertisement

Aksi tipu-tipu untuk dalam pengurusan persyaratan itu nyata terjadi. Di antaranya ditemui di Wonogiri.

Kepala Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri Wahyu Widayati, Rabu (22/9/2021), mengungkapkan sedikitnya ada lebih dari 100 pemohon yang diduga kuat memakai aksi tipu-tipu. Usaha yang dijalani pemohon dinilai meragukan.

Menurut Wahyu, usaha yang disinyalir abal-abal atau meragukan itu terlihat dari foto usaha yang dilampirkan pemohon. Contohnya, ada beberapa pemohon yang melampirkan foto usaha yang secara umum nyaris sama dengan pemohon lainnya. Mulai dari produk usahanya, dan latar belakang foto yang sama persis. Yu

Baca Juga :  Jangan Panik, Terjadi Kelangkaan Solar Begini Langkah yang Diambil Pemerintah

“Kita juga mendapati, dimana pada foto itu watermark dari ponsel yang digunakan untuk mengambil gambar sama persis. Yang membedakan adalah orang yang menjadi subjek foto,” ungkap Wahyu.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua