JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Dikabarkan Sakitnya Tukul Terkait Covid-19, Ini Klarifikasi Dokter

instagram
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Meski ada dugaan terkena pendarahan otak, namun sakit komedian Tukul Arwana sempat dikaitkan dengan Covid-19.

Pasalnya, sebelum jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit, lima hari sebelumnya Tukul menerima suntikan vaksin Covid-19.

Menanggapi isu yang beredar, Mursyid Bustami selaku Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) menepisnya.

Menurutnya, stroke yang dialami oleh komedian berusia 57 tahun tersbut tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19.

“Tidak ada hubungan antara stroke dengan vaksinasi Covid-19. Ini yang perlu kami klarifikasi,” ujar Mursyid dalam jumpa pers virtual pada Jumat (24/9/2021).

Dilasnir dari tempo.co, Mursyid menjelaskan, hingga kini belum ada temuan yang menunjukkan risiko pendarahan akibat vaksinasi, apapun merek vaksinnya.

Tiada pula laporan dari spesialis saraf tentang pasien mereka yang terkena stroke setelah mendapatkan vaksinasi, baik berupa pendarahan maupun penyumbatan pembuluh darah.

Sampai saat ini, kasus efek pengentalan darah yang disebabkan karena vaksinasi Covid-19 juga tidak ada.

“Kami belum pernah merawat pasien dan belum ada pasien rujukan dari rumah sakit lain yang mengalami blood clot (penggumpalan atau pengentalan darah) setelah vaksinasi,” lanjutnya.

Menurut Mursyid ,pada umumnya efek samping yang dialami setelah vaksinasi antara lain demam, nyeri pada bekas suntikan, dan meriang.

“Itu adalah efek yang biasa pada vaksinasi,” tambahnya Mursyid.

Sedangkan stroke, menurut penjelasan Dirut RSPON tersebut adalah penyakit yang datang secara tiba-tiba.

Stroke disebabkan oleh dua hal, bisa pendarahan atau penyumbatan darah. Biasanya, penderita stroke tidak merasakan rasa sakit yang spesifik sebelum terserang stroke.

“Umumnya hanya merasa sakit kepala,” ujar Mursyid.

Selain itu, ada juga yang merasakan tubuh terasa lemah.

Mursyid menjalaskan ada beberapa faktor risiko stroke. Antara lain diabetes, hipertensi, kebiasaan merokok, gaya hidup tidak sehat, obesitas, dan lainnya.

Apabila terdapat titik lemah di pembuluh darah, tidak kuat menahan tekanan darah yang tinggi, sehingga terjadi kebocoran atau pendarahan.

Sampai saat ini, komedian Tukul Arwana masih mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) di Cawang, Jakarta Timur.

Dari penuturan penjaga rumah Tukul, sebelumnya dibawa ke rumah sakit pada Rabu sore, 22 September 2021, Tukul terlihat baik-baik saja dan beraktivitas seperti biasa.

Namun, menurut Jaka, sebelumnya Tukul sempat mengeluh sakit kepala. Chairul Roziqi Putra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com