JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dr Aqua Dwipayana Serukan Polisi Militer untuk Jadi Prajurit Andal

Dr Aqua bersama Dandenpom I/4 Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung bersama para perwiranya. Foto: istimewa

 

PADANG, JOGLOSEMARNEWS.COM —–Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana menyerukan kepada seluruh prajurit TNI AD termasuk yang bertugas di Polisi Militer (Pomad) untuk menjadi prajurit andal dan bukan sebaliknya jadi prajurit yang lemah di berbagai bidang.

“Lemah dalam hal pemahaman pengetahuan, lemah dalam pengalaman, dan lemah tentang informasi,” demikian disampaikan doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu pada Sharing Komunikasi Motivasi bertema “Mewujudkan Prajurit yang Profesional dan Adaptif” di Denpom I/4 Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu, 8 September 2021.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Komandan Denpom I/4 Padang Mayor CPM Partomuan Tanjung. Sharing Komunikasi dan Motivasi itu menjadi bagian dari tiga sesi kegiatan yang dilaksanakan Dr Aqua selama berada di Kota Padang, Sumbar. Ketiga acara tersebut mendadak.

Advertisement

Semula niat Dr Aqua ke Sumbar adalah pulang kampung. Sekaligus silaturahim ke saudara-saudara dan teman-temannya. Sama sekali tidak terlintas dalam pikirannya untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Namun mendadak secara beruntun bapak dua anak yang rendah hati itu mendapat rezeki. Tidak tanggung-tanggung, pemberi amanah empat orang penting di Sumbar. Mereka adalah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama Armyntos, Direktur Utama Bank Nagari (Bank Pembangunan Daerah Sumbar-pen) Muhammad Irsyad, Danlanud Sutan Syahrir Padang Kolonel Fahlefie, panggilan akrab Kolonel Pnb Muhammad Riza Yudha Fahlefie, dan Komandan Denpom I/4 Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung.

Baca Juga :  Terbaru, Naik Pesawat Wajib PCR dan Vaksin Lengkap!

Aqua melanjutkan ketika prajurit lemah dalam banyak hal maka berbagai pihak terutama musuh akan mudah menaklukkannya. Juga bakal kurang dihargai termasuk oleh masyarakat.

“Sebaliknya jika semua prajurit kuat dan andal dalam berbagai bidang maka akan dihormati semua orang. Berbagai penghargaan dari banyak pihak termasuk masyakarat bakal diperoleh,” ungkap Dr Aqua.

Secara tegas, penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu memberikan pesan moral yang jernih. Pesan itu adalah  dilarang mencela sesama prajurit. Juga tidak boleh mengeluarkan kata nama binatang terhadap sesama prajurit.

Selain itu, lanjutnya, dilarang menghina dan merendahkan orang lain. biasakan menggunakan kata mohon maaf, minta tolong, dan terima kasih.

“Di samping itu, selalu “melibatkan” Allah SWT dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Itu sangat penting dan mendasar yang membuat semua kegiatan yang dilakukan jadi lancar,” papar Dr Aqua.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu juga menyerukan agar setiap prajurit Pomad menjadi sosok yang dipercayai dengan mengedepankan komunikasi cerdas dalam menghadapi masalah.

Baca Juga :  Keajaiban Twitter, Hanya Butuh 2 Hari Untuk Temukan Anak yang Hilang 5 Tahun Lamanya

Pria yang dalam sisa hidupnya berniat intens melaksanakan silaturahim dan telah memotivasi ratusan ribu orang di seluruh Indonesia dan puluhan negara ini melanjutkan, setiap pegawai terutama yang terkait dengan pelayanan, seperti para personel Pomad, harus menjadi sosok yang kreatif dan inovatif dengan terus bergerak membantu sesama tanpa pamrih. Baik dan ramah kepada semua orang agar keberadaannya di manapun selalu didukung lingkungan.

Lebih jauh, mantan wartawan di berbagai media nasional ini mengungkapkan agar berusaha menjadi orang yang kreatif yakni selalu berpikir positif. Harus mau menyimak, membaca, dan menerima masukan dari siapapun tanpa melihat latar belakangnya. Lakukan semua itu dengan konsisten.

“Setiap hari luangkan waktu untuk membaca. Kita semua harus terus mengembangkan diri masing-masing. Paling penting kuncinya adalah komunikasi,” ucapnya.

Selain itu Dr Aqua menegaskan yang tidak kalah penting dilakukan adalah melaksanakan “3K”. Sebaiknya semua prajurit Pomad melakukannya.

“K” yang pertama adalah Kredibilitas. Di manapun berada baik sedang tugas maupun lagi libur agar tetap berusaha menjadi orang yang dapat dipercaya. Apalagi selama 24 jam selalu membawa nama Pomad.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua