JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ini Daftar Kasus yang Diselesaikan Secara Restorative Justice Sejak Awal 2021 hingga Saat ini

Ilustrasi barang bukti kriminal. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tidak semua kasus yang ditangani kepolisian berlanjut ke tahapan hukum berikutnya. Sebagian diselesaikan secara restorative justice.

Langkah ini sebagaimana diterapkan jajaran Polres Sukoharjo. Dimana sebagian dari kasus yang ditangani diselesaikan secara restorative justice.

Melansir tribratanews, Kamis (9/9/2021), pada 2021, tepatnya sejak Januari hingga September ini, Polres Sukoharjo telah menyelesaikan 17 kasus secara restorative justice. Restorative justice merupakan penyelesaian perkara di luar pengadilan yang tidak hanya melihat aspek kepastian hukum, tetapi juga pada kemanfaatan dan keadilan.

Baca Juga :  Ini loh Syarat Bergabung Menjadi Anggota HIPMI, di Sukoharjo Cukup Buka Link

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, Sepanjang tahun 2021 ini, mulai dari bulan Januari hingga sekarang, Polres Sukoharjo telah menyelesaikan 17 kasus secara restorative justice. Hal tersebut sesuai konsep Presisi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Advertisement
Baca Juga :  Atap Masjid Besar Nguter Al Furqon Tetiba Ambrol, Polisi Sampai Turun Tangan

Konsep tersebut menekankan pendekatan polisi yang ramah terhadap masyarakat seperti tertuang dalam slogan Polri “Melindungi, Mengayomi, dan Melayani Masyarakat.

“Jadi, pendekatan ini berfokus pada pelayanan yang lebih berintegrasi, modern, mudah, dan cepat untuk masyarakat serta penegakkan hukum yang memenuhi rasa keadilan masyarakat,” ujar dia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua