JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kok Bisa ya, Total Penerima BPUM Lebih Banyak Daripada yang Diusulkan, di Wonogiri Sentuh Jumlah 30 Ribu Padahal Usulan Hanya 17 Ribu Orang

Uang
Ilustrasi bantuan tunai. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumlah penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) ternyata bisa saja jauh lebih banyak daripada total yang diusulkan.

Kondisi semacam itu nyata terjadi di Wonogiri. Faktanya sepanjang tahun 2021 ini, Dinas Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah (KUKM) dan Perindustrian Wonogiri telah mengusulkan 17.475 pemohon untuk bisa menerima BPUM.

Sementara itu, berdasarkan SK dari Deputi Usaha Mikro Kemenkop Nomor 423 Tahun 2021 tertanggal 30 Agustus 2021, usulan di Wonogiri yang sudah cair total kumulatif berjumlah 30.797 penerima.

Baca Juga :  Anno 1850, Ada Pembibitan Kopi Zaman Belanda di Gondosini Desa Conto Kecamatan Bulukerto Wonogiri Ternyata

“Belasan ribu usulan ini adalah usaha-usaha yang sudah kami verifikasi dan memenuhi syarat untuk diusulkan mendapatkan bantuan dari pusat sejumlah Rp 1.200.000,” ujar Kepala Dinas KUMK dan Perindag Wonogiri Wahyu Widayati, Rabu (22/9/2021).

Advertisement

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, jumlah bantuan yang cair jauh lebih banyak daripada usulan. Hal demikian diperkirakan ada kemungkinan pemohon yang mengajukan di tahun lalu kembali mendapatkan bantuan serupa di tahun ini.

Baca Juga :  Bolehkah Kader PDIP Mendeklarasikan Diri Sebagai Capres 2024, Bagaimana Sebenarnya Aturannya?

Namun ada juga yang tahun lalu belum mendapatkan bantuan, di tahun ini mendapatkan bantuan usaha. Penetapan penerima bantuan itu dilakukan oleh Kementerian.

Pada tahun lalu tidak hanya dinasnya yang bisa melakukan pengusulan calon penerima bantuan BPUM. Namun pihak-pihak lain seperti koperasi, Himbara, PNM dan Pegadaian juga bisa melakukan pengusulan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua