JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga Berharap Karang Taruna Berperan Dalam Pencegahan Covid-19 dan  Pemulihan Ekonomi Nasional

Airlangga Hartarto / Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Pengangguran terbuka dan kemiskinan  sebagai dampak dari pandemi Covid-19, menjadi tantangan berat yang harus segera dapat diatasi oleh Pemerintah.

Untuk mengatasi persoalan tersebut,  Pemerintah terus melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai instrumen penanganan dari sisi kesehatan maupun pemulihan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinnator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam webinar  Aktualisasi Pemuda dalam Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Sabtu (25/9/2021).

Upaya penanganan Covid-19 dan pemulihßan ekonomi nasional tersebut menurut Menko Airlangga, mencakup  aspek kesehatan, perlindungan sosial, dukungan bagi UMKM dan korporasi, dukungan bagi program prioritas, serta insentif usaha.

Advertisement

Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  itu, menurut Menko Airlangga,  juga merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional, mengingat UMKM memiliki peran strategis sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Optimalisasi Program P3DN Jamin Kemandirian dan Stabilitas Perekonomian Nasional

Dalam upaya mendukung UMKM khususnya yang terdampak oleh pandemi, ujar Airlangga, Pemerintah telah memberikan berbagai stimulus,  di antaranya melalui subsidi bunga baik KUR dan non KUR, Penempatan Dana Pemerintah pada Bank Umum Mitra, Imbal Jasa Penjaminan dan Penjaminan Loss Limit.

“Selain itu ada pula  Banpres Produktif Usaha Mikro, Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung, serta PPh final UMKM yang ditanggung oleh Pemerintah,” lanjut Menko Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.
Usaha dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, menurut Airlangga,  memerlukan peran serta dan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk dari para pemuda dan kader Karang Taruna di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pengendalian Kasus Covid-19 di Indonesia Sangat Baik, Ini Indikatornya

“Dalam upaya penanganan Covid-19, para pemuda dan kader Karang Taruna diharapkan dapat turut serta menjadi relawan dan berperan luas, misalnya dengan menjadi tenaga kesehatan, membantu mengampanyekan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi dan melaksanakan 3M, membantu pengawasan penyaluran bansos agar tepat sasaran, dan berbagai aktivitas volunteer lainnya,” jelas Menko Airlangga.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua