JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga Berharap Karang Taruna Berperan Dalam Pencegahan Covid-19 dan  Pemulihan Ekonomi Nasional

Airlangga Hartarto / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Pengangguran terbuka dan kemiskinan  sebagai dampak dari pandemi Covid-19, menjadi tantangan berat yang harus segera dapat diatasi oleh Pemerintah.

Untuk mengatasi persoalan tersebut,  Pemerintah terus melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai instrumen penanganan dari sisi kesehatan maupun pemulihan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinnator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam webinar  Aktualisasi Pemuda dalam Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Sabtu (25/9/2021).

Upaya penanganan Covid-19 dan pemulihßan ekonomi nasional tersebut menurut Menko Airlangga, mencakup  aspek kesehatan, perlindungan sosial, dukungan bagi UMKM dan korporasi, dukungan bagi program prioritas, serta insentif usaha.

Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  itu, menurut Menko Airlangga,  juga merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional, mengingat UMKM memiliki peran strategis sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Dalam upaya mendukung UMKM khususnya yang terdampak oleh pandemi, ujar Airlangga, Pemerintah telah memberikan berbagai stimulus,  di antaranya melalui subsidi bunga baik KUR dan non KUR, Penempatan Dana Pemerintah pada Bank Umum Mitra, Imbal Jasa Penjaminan dan Penjaminan Loss Limit.

Baca Juga :  Ini Mekanisme Pengamanan Super Ketat di MK untuk Jamin Rapat Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor

“Selain itu ada pula  Banpres Produktif Usaha Mikro, Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung, serta PPh final UMKM yang ditanggung oleh Pemerintah,” lanjut Menko Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.
Usaha dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, menurut Airlangga,  memerlukan peran serta dan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk dari para pemuda dan kader Karang Taruna di seluruh Indonesia.

“Dalam upaya penanganan Covid-19, para pemuda dan kader Karang Taruna diharapkan dapat turut serta menjadi relawan dan berperan luas, misalnya dengan menjadi tenaga kesehatan, membantu mengampanyekan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi dan melaksanakan 3M, membantu pengawasan penyaluran bansos agar tepat sasaran, dan berbagai aktivitas volunteer lainnya,” jelas Menko Airlangga.

Selain itu, tambah Menko Airlangga, kontribusi yang dapat dilakukan pemuda dalam pemulihan ekonomi nasional adalah melalui pemberdayaan masyarakat, salah satunya menjadi wirausaha sosial.

“Wirausaha sosial tidak hanya berorientasi profit, namun juga banyak menjalankan berbagai peran untuk memberdayakan masyarakat,” beber Ketua Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional tersebut.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Melalui berbagai dukungan dari Pemerintah,  diharapkan juga dapat mendorong minat kalangan pemuda bisa berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Dukungan dari Pemerintah tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif.

Selain itu, kaum  pemuda juga bisa membantu dan menjaga keberlangsungan usaha pelaku usaha mikro menghadapi dampak pandemi, pengembangan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta mengembangkan kewirausahaan.

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga juga
mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Karang Taruna ke-61.

Karang Taruna merupakan organisasi sosial masyarakat yang berperan menghimpun, menggerakkan dan menyalurkan peran-serta generasi muda serta menjadi wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Karang Taruna diharapkan dapat turut mengaktualisasikan peranannya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini.

“Semoga Karang Taruna dapat berperan besar dalam upaya pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” pungkas Menko Airlangga. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com