JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Percepat Vaksinasi Covid-19, Boyolali Gunakan Poros Desa. Bidan Desa Pun Dilibatkan Secara Aktif

Dinkes Boyolali percepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Upaya percepatan vaksinasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten  Boyolali.

Percepatan tersebut dilakukan dengan metode vaksinasi berporos desa. Hal itu, sekaligus untuk mencapai target 70 persen vaksinasi hingga akhir tahun 2021 ini.

“Kita libatkan aktif bidan desa dan tim desa, Babinsa/Babinkamtibmas, perangkat desa dibantu relawan untuk screening,” ujar Plt Kepala Dinkes Boyolali, Insan Adi Asmono pada Senin (13/9/2021).

Total bakal ada 267 tim vaksin desa dan kelurahan seluruh wilayah Kabupaten Boyolali dengan target capaian 365 vaksin/ hari.

Baca Juga :  Dua Desa di Lereng Merbabu, Boyolali Diterjang Angin Puting Beliung

“Dalam sehari total bisa 100.000 suntikan vaksinasi. Jika droping vaksin lancar, maka tak sampai Desember mendatang maka kita bisa mencapai 70 persen,” tuturnya.

Menurut Insan, kondisi itu juga didukung oleh ketersediaan vaksin droping dari pemeritah pusat. Saat ini, Boyolali mendapat droping 100.000 dosis vaksin jenis Sinovac dari pusat. Bahkan, vaksin bakal didistribusikan ke bidan desa.

Baca Juga :  Usai  Lebaran, Harga Bumbu Dapur di Pasar Boyolali Masih Tinggi, Namun Harga Sayur Turun

“Jadi, kalau ada yang butuh bantuan, maka kami siap fasilitasi,” lanjutnya.

Yang menggembirakan, lanjut dia, sampai saat ini 50 persen tim vaksin tingkat desa sudah terbentuk lengkap dengan SK-nya. Selanjutnya tim mendapatkan pelatihan cara penyuntikan vaksin.

“Kami gerak cepat. Senin- Rabu (13-15/9/2021), digelar pelatihan di tingkat Puskesmas. Selanjutnya, mjlai Kamis (16/9), seluruh tim langsung bekerja. Mudah- mudahan semua bisa lancar,” pungkas dia. Waskita

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com